Persepsi Literasi Halal dan Motif Pemilihan Produk Kosmetik Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Authors

  • Amin Awal Amarudin Universitas KH.A Wahab Hasbullah
  • Adinda Syaifa Azzara Universitas KH.A Wahab Hasbullah
  • Efnita Mayang Sari Universitas KH.A Wahab Hasbullah
  • Haya Fatimah Universitas KH.A Wahab Hasbullah
  • Lailatul Afifah Universitas KH.A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1654

Keywords:

Halal Literacy, Motives for Product Selection, Students'

Abstract

This research has a relationship between perceptions of halal literacy and UNWAHA students' motives for choosing cosmetic products based on sharia economic principles. Through an economic analysis approach, this research explores the extent to which students' understanding of halal literacy influences their motives for choosing halal cosmetic products that follow sharia principles. This research method uses a qualitative approach with data sources through interviews with UNWAHA students. It is hoped that the research results will provide valuable insight for students in understanding halal literacy and motives for choosing cosmetic products.

References

Amrin, S., & Andri Ardiansyah. (2022). ANALISIS LITERASI HALAL DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP ISLAMI DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). Fikrah : Journal of Islamic Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.32507/fikrah.v6i1.1311

Paramitha, V. (2015). menganalisis dan memahami lebih dalam mengenai makna beberapa individu maupun kelompok dianggap sebagai masalah kemanusiaan atau masalah sosia. 36–43.

Pratama, D. B., & Hartati, N. (2021). Pengaruh Literasi Halal Dan Religiositas Terhadap Konsumsi Produk Halal Pada Mahasiswa Mks Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Finansha: Journal of Sharia Financial Management, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/fsfm.v1i2.11024

Prima Sandi, A. S., . M., & Rahmawanto, D. (2013). Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi. Manajemen Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.22219/jmb.v1i2.1331

Putri, A. Y. (2022). Pengaruh literasi produk halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik impor (studi kasus mahasiswa mbs fai umsu). Research Repository.

Rahayu, B. P., Cahyanto, T., & Windayani, N. (2023). Hubungan Literasi Halal dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Pengambilan Keputusan Produk Halal. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 91–95. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19428

Rangkuti, A., & dkk. (2020). Literasi Konsumsi Halal Masyarakat Indonesia. 72.

Ritayani. (2023). PENGARUH LITERASI HALAL, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Tamin, & Salsabila, A. (2021). Identifikasi Hidrokuinon Pada krim Pemutih Yang Beredar di Pasar Tengah Lorong King seacar Kromatografi Lapis Tipis (KLT). 5–35.

Setyowati, Anis, and Moch. Khoirul Anwar, ‘Pengaruh Literasi Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun’, LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16.1 (2022), 108–24

Muchtaridi, Muchtaridi, ‘Kosmetika Halal Atau Haram Serta Sertifikasinya’, Farmasetika.Com (Online), 2.1 (2017), 12

Mekarisce, Arnild Augina, ‘Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat’, JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12.3 (2020), 145–51

Hamin, Dewi Indrayani, and Yayu Isyana Pongoliu, ‘Literasi Pemilihan Cosmetik Halal Bagi Gen Z Sebagai Peluang Bisnis Di Era Digital ( Studi Kasus Pada Siswi Man 1 Kota Gorontalo )’, Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 1.3 (2022), 74–85

Octabella, Dea Denada, Sri Dwiyanti, Sri Usodoningtyas, and Dindy Sinta Megasari, ‘Review Beauty Influencer Dalam Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Pemilihan Produk Kosmetik Kecantikan Di Surabaya’, E-Jurnal, 10.3 (2021), 145–53

Belas, Edisi Kelima, ‘Pentingnya Literasi Halal Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Indonesia 1’, 2023

Adeliana, Atthala Alfaini, and Isdiana Suprapti, ‘Pengaruh Produk Berlabel Halal Dalam Keputusan Pembelian’, Jurnal Pertanian Cemara, 20.2022 (2016), 1–23

Hadi, Sumasno, ‘PHadi, S. (2010). PEMERIKSAAN KEABSAHAN. 21–22.EMERIKSAAN KEABSAHAN’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 22.1 (2010), 21–22

Nurul Aisyah, Dwi, ‘Studi Fenomenologi Keputusan Memilih Produk Halal Wardah’, 2022, 1–23

Rijali, Ahmad, ‘Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin’, 17.33 (2018), 81–95

Muchtaridi, Muchtaridi, ‘Kosmetika Halal Atau Haram Serta Sertifikasinya’, Farmasetika.Com (Online), 2.1 (2017), 12

Downloads

Published

2024-02-17

How to Cite

Amin Awal Amarudin, Adinda Syaifa Azzara, Efnita Mayang Sari, Haya Fatimah, & Lailatul Afifah. (2024). Persepsi Literasi Halal dan Motif Pemilihan Produk Kosmetik Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(2), 139–150. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1654