PENGARUH BAGASI BERBAYAR DAN MINAT PENUMPANG MASKAPAI WINGS AIR DI BANDAR INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i2.190Keywords:
Bagasi Berbayar ,minat penumpangAbstract
Transportasi udara di Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan aktivitas perpindahan baik itu barang maupun manusia. Sebelum diterapkanya bagasi berbayar maskapai di Indonesia banyak yang memberikan pelayanan bagasi secara gratis, namun sejak diterbitkan peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Skep 302 pasal v pada tahun 2011 maskapai dengan kategori LCC (Low Cost Carier) seperti Lion Air dan Wings Air di susul anak usaha Garuda Grup, yaitu Citilink Indonesia mulai menerapkan sistem baru dengan menerapkan bagasi berbayar yang awalnya tanpa biaya tambahan dan sekarang harus membayar mulai dari hitungan 20 kg. Penelitian ini menggunakan pengujian kuantitatif dengan gambaran strategi yang dipilihan sebagai informasi penting dengan menggunakan kuesioner.Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penumpang maskapai wings air di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.Pada sampel yang berjumlah sebesar 100 responden.Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS statistics 21 & 26 . Untuk mengetahui Pengaruh Bagasi Berbayar Pada Maskapai WingsAir terhadap minat Penumpang Di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.Dan untuk mengatahui Seberapa besar pengaruh bagasi berbayar pada Maskapai Wings Air terhadap Minat penumpang di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Dan untuk mengatahui Hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO di tolak yang menyatakan Bagasi Berbayar Terhadap Minat Penumpang Maskapai Wings Air Di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.Besar pengaruh variabel Bagasi Berbayar Terhadap Minta Penumpang Maskapai Wings Air dapat dilihat dari uji koefisien determinasi bahwa koefisien korelasi (R)sebesar 0,875 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel independenterhadap variabel dependen karena nilai R mendekati angka 1. Hal itu menunjukkan semakin besar naliai X maka semakin besar pula nilai Y .nilai R2 sebesar 0,766 yang berarti 76% kepuasan pelanggan dipengaruhi variabel bagasi berbayar. Hal ini menunjukan bahwa bagasi berbayar yang dirasakan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap minat penumpang maskapai wings Air di bandar udara ahmad yani semarang.Dalam 100 responden 76% sangat pengaruh bagasi berbayar.24% sangat tidak pengaruh bagasi berbayar terhadap minat penumpang maskapai wings air.
References
Anjoda, Aldino Rio (2021) PENGARUH HARGA TIKET PESAWAT DAN PENETAPAN BAGASI BERBAYAR TERHADAP MINAT PENUMPANG PESAWAT UDARA MASKAPAI LION AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK.
Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi kedirgantaraan. https://digilib.sttkd.ac.id/1709/
Abdillah, Ritdho (2021) PENGARUH BAGASI BERBAYAR TERHADAP MINAT PENUMPANG MENGGUNAKAN MASKAPAI LION AIR DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT.
https://digilib.sttkd.ac.id/2070/Bagasi Lion Air Bayar, DPR: Sosiali sasi Mestinya Diperpanjang
https://bisnis.tempo.co/read/1162448/bagasi-lion-air-bayar-dpr-sosialisasimestinya-diperpanjang Bagasi Prabayar adalah layanan khusus yang ditawarkan oleh Lion Air Group. Semua penumpang dapat mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan
Memesan bagasi prabayar
https://www.lionair.co.id/kelolapemesanan/bagasi-prabayar
Badan Pusat Statistik atau BPS mengakui, penerapan bagasi berbayar dan kenaika harga tiket pesawat akan berpengaruh kepada inflasi .Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 1 Februari 2019 - 13:40 WIB
Judul Artikel : Baru Saja Diterapkan, BPS Sebut Bagasi Berbayar Ikut Sumbang Inflasi Dampak Tiket Pesawat Mahal dan Bagasi Berbayar bagi UKM https://majalahukm.com/dampak-tiket-pesawat-mahal-dan-bagasi- berbayarbagi-ukm/