Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Muhammad Luthfi Rizky Universitas Negeri Padang
  • Hijriyantomi Suyuthie Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma.v2i4.2359

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Price, Customer Satisfaction

Abstract

The research motivation by the phenomena about price, customer satisfaction, product and service quality, and quality at Cafe Pandeka Batusangkar. The research purpose is to investigate the relationship between price, service quality, product quality, and customer satisfaction at Cafe Pandeka Batusangkar. To investigate cause and effect, this kind of research combines a quantitative causal associative approach with a survey method. Customers of Cafe Pandeka Batusangkar make up the population. In this study, 301 respondents were sampled through purposive sampling, a non-probability sampling methodology. The questionnaire used to gather the data is valid and reliable. The study data were processed using SPSS 26.00. Based to the research results, there is no significant correlation from pricing and satisfaction of customer, service quality and satisfaction of customer, and product quality and satisfaction of customer.

 

 

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen pemasaran. PT Raja.

Aisha, N., & Azhar, M. E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan tamu menginap di The Hill Resort Sibolangit. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 3, No. 1, pp. 361–377).

Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel Rizen Kedaton Bogor (Skripsi, Universitas Pamulang).

Damamik. (2016). Analisis dan perkembangan café di Indonesia. Jurnal.id.

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan (Cet. 1). CV Budi Utama.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS edisi sembilan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, H. (2017b). Pengaruh daya tarik wisata, keselamatan, dan sarana wisata terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan: Studi community-based tourism di Gunung.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan: Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P. (2019). Manajemen pemasaran (ed. milenium). Prenhalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing (ed. ke-7). Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran (ed. ke-13, Buku 1). Pearson Education.

Kuspriyono, T. (2016). Pengaruh ekuitas merek, kualitas produk, dan iklan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung (Studi kasus mahasiswa/i Universitas Gunadarma). Jurnal Komunikasi, 7(1).

Melyani, M. (2016, December). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Distriversa Buana Mas (PT. DBM): Studi kasus pada pemakai balsem Cap Macan (Tiger Balm) di Jakarta. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer (pp. 109–Ekm).

Philip, K., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (Terj. Bob Sabran). Erlangga.

Poniman. (2018). Pengertian café. Jurnal.id.

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyadi, D., & Komara, E. (2020). Studi terhadap kepuasan wisatawan dilihat dari manajemen pelayanan pariwisata dan kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 2(2), 100–116.

Tjiptono, F. (2014). Kepuasan konsumen dan konsep kepuasan konsumen et al. Jakarta.

Tjiptono, F. (2017). Strategi pemasaran (ed. ke-4). Andi.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, penelitian. Penerbit Andi.

Utami, C. W. (2016). Manajemen ritel: Strategi dan implementasi ritel modern. Salemba Empat.

Wijaya, T. (2015). Manajemen kualitas jasa. PT Indeks Kembangan.

Published

2024-08-23

How to Cite

Muhammad Luthfi Rizky, & Hijriyantomi Suyuthie. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(4), 259–269. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i4.2359