Penggunaan Aplikasi Al-Quran Digital Dalam Memperbaiki Bacaan Al-Quran Di Kelas VIII MTS Babussalam Besilam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.272Keywords:
Aplikasi Al Quran, Digital, Bacaan Al QuranAbstract
Pembelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII MTs Babussalam Besilam menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hasil ulangan harian rata-rata nilainya di bawah standar ketuntasan dimana dari 23 siswa yang mendapat nilainya diatas KKM 70, karena guru kurang menggunakan metode dan media dalam proses belajar mengajar sehinggga mengakibatkan rendahnya minat hasil belajar siswa dalam membaca Al-Quran. Oleh karena itu guru harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MTs Babussalam Besilam. Penelitian ini menggunakan media Gadget dalam pembelajaran Al-Quran Hadits, dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam meningkatkan membaca Al-Quran siswa dengan menggunakan Gadget di kelas VIII MTs Babussalam Besilam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, selanjutnya tes kemampuan membaca Al-Quran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus dikategorikan (baik) yaitu dengan nilai 75,51 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 91,66. (2) Adapun aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan (baik) yaitu dengan nilai 79,50. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 87,07. (3) Hasil ketuntasan belajar siswa dalam membaca Al- Quran mengalami peningkatan dengan penggunaan Gadget, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 73,91 dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 91,30.
References
Dinda Safira, S. W. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di Kelas VII MTs Al Hidayah Gebang. Journal Research and Education Studies, 3(3), 27–37.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Raidatam Mardiyah, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an Di Pondok Pesantren Kampung Qur ’ an Pulau Banyak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).
Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Satria Wigua. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373
Satria WIguna, Nurmisdaramayani, M. H. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Al Qur ’ an Hadits di Kelas X Man 1 Langkat. Procedings Pincis, Vol 1 No 1(Desember), 187–192.
Satria Wiguna. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2, 216–227. https://doi.org/10.47476/as.v2i2.589
Satria Wiguna, A. D. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3, 420–427. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i3.576
Satria Wiguna, A. F. (2022). Implimentasi Aplikasi Absensi Multiapp V.1.0 Secara Online Dalam Motivasi Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wampu. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(Agustus), 23–33.
Satria Wiguna, N. A. (2021). Implementasi Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Stabat. JOEL : Journal of Educational and Language Research, Vol 1 No 2(September).