PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nursyifa Fadilla Adieza Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tasya Putri Ramadhanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.305

Keywords:

Nilai Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Proyek, Peran Guru

Abstract

Lunturnya nilai-nilai karakter yang ada pada peserta didik salah satunya disebabkan oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat. Untuk mempertahankan nilai-nilai karakter peserta didik, tentu memerlukan adanya pendidikan Nasional . Untuk menyempurnakan pelaksanaan pendidikan nasional dalam upaya meningkatkan nilai karakter peserta didik,  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan (Mendikbud)  Nadiem  Anwar  Makarim  telah  menjadikan  Profil  Pelajar  Pancasila  sebagai salah  satu  Visi  dan  Misi  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah deskripsi yang lebih utuh dan mendalam dari peran guru dalam menanamkan nilai karakter peserta didik melalui P5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru dan peserta didik kelas IV di SDN Sumampir, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, didapatkan hasil bahwa guru telah sepenuhnya berperan dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik yang terlihat dari tumbuhnya nilai-nilai dimensi profil pelajar pancasila pada peserta didik yaitu beriman,  bertakwa  kepada   Tuhan   Yang   Maha   Esa,   dan   berakhlak   mulia,   berkebinekhaan  global,  mandiri,  bergotong  royong, bernalar kritis, dan kreatif. 

 

References

Abidin, A. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 188. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Agasi, D., dkk. (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Tambusai, 6(2), 10675. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4133

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Peserta didik Di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 139. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Mustoip, S., dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indagiri Dot Com.

Setyaningsih, S. & Wiryanto. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3047-3084. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Solissa, E., dkk. (2023). Components of Contextual Teaching and Learning as The Basis for Developing a Character Education Model. Jurnal Etika Demokrasi, 8(1). https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.9758

Sulastri, dkk. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 418. http://dx.doi.org/10.29210/30032075000

Suprayitno, A. & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Sleman: Deepublish.

Susilawati, E. & Sarifuddin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 161. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Tutty, A., dkk. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Standar Nasional Pendidikan. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Widyatama, P. & Suhari. (2023). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 3(2), 175.

Zuhriyah, I., dkk. (2023). Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Studi di SMA Negeri 4 Probolinggo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 324. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.319-328

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Reksa Adya Pribadi, Nursyifa Fadilla Adieza Putri, & Tasya Putri Ramadhanti. (2023). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 110–124. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.305