MENINGKATKAN KEMAMPUAN 2M MUATAN BAHASA INDONESIA MELALUI PBL DENGAN PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS IV SDN KLOMPANG TIMUR 2 PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.306Keywords:
Model Pembelajaran, Media pembelajaran, Pendekatan Proses, Kemampuan Dalam KeterampilanAbstract
Dalam pembelajaran dibutuhkan hubungan komunikasi yang baik antara seorang guru dan siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaan yang optimal dan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Untuk menunjang kemampuan anak dalam hal pembelajarannya, anak harus diajarkan menggunakan pendekatan proses yang berpusat pada siswanya guna untuk meningkatkan setiap keterampilan yang ada pada diri siswanya. Anak ditingkatkan dalam hal kemampuan guna untuk membantu menunjang hasil belajar mereka. Sarana dan prasarana juga menjadi bentuk alasan dalam hasil belajar siswanya sebab suasana kelas juga berpengaruh dalam bagaimana konsentrasi siswa dalam belajar. Dengan model pembelajaran Problem Basic Learning dan media pembelajaran yang digunakan maka diharapkan bisa menunjang hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN KLOMPANG TIMUR 2 PAMEKASAN dengan 24 siswa diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal meningkatkan kemampuan dilihat dari tindakan siklus 1 dan siklus selanjutnya