Implementasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Materi Hitung Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.362Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Motivasi, Matematika.Abstract
Profil Pelajar Pancasila adalah suatu kebebasan siswa dalam proses pembelajaran. Kebebasan ini tidak di alami oleh siswa, karena guru lebih mengerjakan administrasi pendidikan. Guru juga kurang memahami konsep dan perannya dalam program Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam materi hitung mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan teknik triagulasi waktu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian ini, menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa bimbingan belajar jenjang sekolah dasar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 2, 3, dan 5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal post test dan hasil wawancara mahasiswa kepada siswa. Hasil menunjukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi hitung mata pelajaran matematika materi hitung perkalian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match .
References
Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165-170. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3856.
Fiantika, F. R., Prajitno, S. H., Rozzaq, G. A., & Shabir, S. M. A. (2023). The Culture Transformation: Situs Gambyok In Mathematics Teaching Learning With Pancasila Student Profile. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 15-21. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/1984.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.
Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, Vol. 1, pp. 38-49. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/SENTIKJAR/article/view/829/600.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752.
Mulyanto, I. T., & Fiantika, F. R. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Pada Penerapan Model Discovery Learning. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 37-40. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/155.
Prajitno, S. H., Ladyawati, E., & Fiantika, F. R. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan model pembelajaran jucama ditinjau dari gender. Wahana, 73(2), 149-165.https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/view/4948.
Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287.
Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2020). Representasi Matematik Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Bermedia Gamelan (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri). http://repository.unpkediri.ac.id/922/.