KEPUASAN TAMU HOTEL SAVALI DALAM PENYAJIAN MAKANAN MELALUI PENEREPAN SOP PERSONAL HYGINIE STAFF
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma.v1i4.559Keywords:
Personal Hygiene, Penyajian Makanan, Kepuasan TamuAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pra- penelitian melalui pengamatan dan dengan staf dapur di Hotel Savali Padang, penulis menemukan ada masalah kurang terjaga personal hygiene staff kitchen seperti kuku yang panjang, tidak memakai apron saat bekerja dan pakaian yang terkena noda saat melayani tamu saat menyajikan makanan, makanan yang terkontaminasi. Sehingga hal ini mempengaruhi kepuasan tamu di Hotel Savaili Padang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif bentuk hubungan kausal dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi sebanyak 588,08 orang dan sampel penelitian sebanyak 72 responden, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Analisis data menggunakan regresi linear ganda dengan bantuan SPSS 17. Kemudian diperoleh hasil penelitian kebersihan pribadi termasuk ke dalam kategori sangat terjaga dengan persentase 94,7% yang berarti SOP Personal hygiene berjalan dengan baik sesuai dengan standar Hotel Savali nilai sig 0.014 < 0,05, presentasi makanan termasuk dalam kategori baik dengan persen 36,2% dengan nilai seg 0.000 < 0.05. diperoleh nilai R square sebesar 85% dan 15% dipengaruhi faktor lain.
References
Arika, S., Qadarin, I., Setioko, M. D., Diploma, P., Universitas, K., & Malang, M. (2016). Peranan Personal Hygiene Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Restaurant Hotel Kartika Wijaya Batu. 2(01), 22–28.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Atmoko, T. P. H. (2017). Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Dhamar Palembang. 8(1), 1–9.
Choi, E. J., & Kim, S. . (2013). The study of the impact of perceived quality and value of social enterprises on customer satisfaction and re-purchase intention. International Journal of Smart Home, 239–252.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.
Jasfar, F. (2012). Teori dan Aplikasi 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa : SDM, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Salemba Empat.
Kasmir. (2017). Customer services excellent : teori dan praktik. PT. RajaGrafindo Persada.
Kemenparekraf, I. (2013). Peraturan Menteri Pariwisata and Ekonomi Kreatif No. 53 tahun 2013. Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, 227.
Kristanti, L. A., & Sebtalesy, C. Y. (2019). Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Anak Autis. Uwais Inspirasi Indonesia.
Lim, R., Sidabutar, R., Barus, L. S., Kep, M., An, S. K., Lidwina, N., Listianingsih,
T., Kep, S., & Kep, M. (2014). Hubungan pengetahuan dengan sikap keluarga dalam melaksanakan.
Novianti, G. (2020). Kreativitas Cook Dalam Teknik Food Plating Di Restoran Hotel Alpha Pekanbaru Oleh. JOM FISIP, 7, 1–15.
Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2756/2814
Rehamn and Sultana, 2009. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia. In (Vol. 2, Issue 5, p. 255).
Rejeki, S., & Hantoro, G. D. (2020). Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja.
Rekayasa Sains.
Silalahi, V., & Putri, R. M. (2017). Personal Hygiene Pada Anak Sd Negeri Merjosari 3 Verarica. 2(2), 15–23.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Sulastiyono, A. (2016). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta.
Suryati, L. (2015). Manajemen pemasaran : suatu strategi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Deepublish.
Tarwoto, & Wartonah. (2011). Kebutuhan dasar manusia dan proses keperawatan.
Salemba Medika.
Triyani, I. (2020). Hygiene Sanitasi Terhadap Kepuasan Tamu Di Anggrek Restaurant Grand Arkenso. 6(2).
Widya Sela Lestaria, A. Y. (2019). Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak.
Manajemen, Jurnal Ekonomi, 5(November), 94–101.
Wijaya, W. (2017). Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya.
Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2002, 581–594.
Yulianto, Hadi, W., & Nurcahyo, R. J. (2020). Hygiene, Sanitasi dan K3. Graha Ilmu.