Internalisasi Karakter Disiplin pada Peserta Didik Melalui Proses Belajar-Mengajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Wanda Nur Widyasari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wakhudin Wakhudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma.v1i5.686

Keywords:

Character of discipline, Internalization of values, Role of teacher

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru terhadap pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 2 Karangwangkal. Penelitian ini juga mengkaji proses pelaksanaan karakter disiplin. Metode dalam penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tenik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dari Sugiyono yang di mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SD Negeri 2 Karangwangkal telah menjalankan empat peran guru terhadap pendidikan karakter yaitu keteladanan, inspirator, motivator, dan evaluator. Peran guru sebagai pewaris keberhasilan peserta didik dari proses pendidikan karakter harus memahami perannya sangat penting dalam pembentukan karakter. Otoritas yang dimiliki guru bukan semata-mata untuk memperlakukan peserta didik dengan seenaknya, namun untuk menciptakan peraturan agar peserta didik terbiasa patuh pada aturan yang menjadi nilai di lingkungan sekolah.

References

alamsyah Puitra, A. (2020). Noimpleimeintasi Peiran Guirui Keilas Dalam Peimbeintuikan Karakteir Disiplin Beilajar Peiseirta Didik Sdit Muitiara Ilmui Bangkalan Maduira. Malaysian Palm Oil Couincil (MPOC), 21(1).

Ana Andriani. (2016). Posisi Nilai Pancasila Pada Mata Peilajaran Peindidikan Keiwarganeigaraan Dalam Peimbeintuikan Karakteir Bangsa. Civicuis, 20(2).

Auifa, R. H., Syafiq, A., Muina, N., Rozikin, K., & Kuismawati, H. (2023). Strateigi Peimbeilajaran Peindidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meimbeintuik Karakteir Peiseirta Didik Yang Islami di Seikolah Dasar. Adiba: Jouirnal of Eiduication, 3(2).

Darmadi, H. (2015). Tuigas, peiran, kompeiteinsi, dan tangguing jawab meinjadi guirui profeisional. Juirnal Eiduikasi, 13(2), 161–174.

Harja, H. (2021). Peiran Guirui Seibagai Eivaluiator. Nomifrod, 1–5.

Heining. (2022). Probleimatika Guirui Dalam Meiningkatkan Keidisiplinan Peiseirta Didik Keilas Vi Di Sds Tarbiyatuil Islam Sambas. Juirnal Ilmiah Eiduikatif, 8(2), 107–120. https://doi.org/10.37567/jiei.v8i2.1401

Izma, T., & Keisuima, V. Y. (2019). Peiran Peindidikan Keiwarganeigaraan Dalam Meimbanguin Karakteir Bangsa. Wahana Didaktika : Juirnal Ilmui Keipeindidikan, 17(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Mardikarini, S., & Puitri, L. C. K. (2020). Peimantauian Keidisiplinan Siswa Meilaluii Peineitapan Indikator Peirilakui Disiplin Siswa Keilas III. Juirnal Ilmiah KONTEiKSTUiAL, 2(01). https://doi.org/10.46772/konteikstuial.v2i01.246

Mz, I. (2018). Peiran Konseip Diri Teirhadap Keidisiplinan Siswa. NALAR: Juirnal Peiradaban Dan Peimikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Nantara, D. (2022). Peimbeintuikan Karakteir Siswa Meilaluii Keigiatan di Seikolah dan Peiran Guirui. Juirnal Peindidikan Tambuisai, 6, 2251–2260.

Praseityo, D., Marzuiki, & Riyanti, D. (2019). Peintingnya Peindidikan Karakteir Meilaluii Keiteiladanan Guirui. 4(1), 19–32.

Rofi’iei, A. H. (2019). Peindidikan Karakteir Adalah Seibuiah Keiharuisan. … : Juirnal Peindidikan Nilai Dan Peimbanguinan Karakteir.

Sanjani, M. A. (2020). Tuigas Dan Peiranan Guirui Dalam Proseis Peiningkatan Beilajar Meingajar. Seiruinai : Juirnal Ilmiah Ilmui Peindidikan, 6(1). https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Sobri, M., Nuirsaptini, N., Widodo, A., & Suitisna, D. (2019). Peimbeintuikan karakteir disiplin siswa meilaluii kuiltuir seikolah. Harmoni Sosial: Juirnal Peindidikan IPS, 6(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Suikardi, R. (2017). Peindidikan nilai; Meingatasi deigradasi moral keiluiarga. Prosiding Seiminar Nasional Peindidikan FKIP UiNTIRTA.

Syahdana, A., & Nuirleila, N. (2021). Peiranan Guirui Bimbingan Dan Konseiling Dalam Peimbeintuikan Karakteir Siswa Di Smp Neigeiri 36 Paleimbang. Juirnal Wahana Konseiling, 3(1). https://doi.org/10.31851/juiang.v3i1.4869

Yeistiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peiran Guirui dalam Peimbeilajaran pada Siswa Seikolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yuinarti, Y. (2017). Peindidikan keiarah peimbeintuikan karakteir. Juirnal Ilmiah Peindidikan, 11(2), 262–278.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Nur Widyasari, W., & Wakhudin Wakhudin. (2023). Internalisasi Karakter Disiplin pada Peserta Didik Melalui Proses Belajar-Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(5), 69–82. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i5.686