Analisis Strategi Promosi Dengan Paket Sembako Pada 212 Mart Kayuagung Untuk Survive Selama Masa Pandemi Covid

Authors

  • Reny Moulisa Ananda Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Hilda Hilda Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Mail Hilian Batin Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma.v1i5.783

Keywords:

MSME, 212 Mart Kayuagung, Promotion

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises are productive businesses engaged in commerce and are engaged in entrepreneurship. MSME themselves can be managed by individuals or business entities, where the business belongs to the criteria of a small or micro scope. In 1998, small or medium enterprises can compete with large companies. Because most small or medium businesses do not depend on loans or large capital. Promotion is an element in a company's marketing mix that is used to inform, persuade, and remind products of a company. Promotional mix is a combination of face-to-face selling advertising, sales promotion, publicity, public relations that helps achieve company goals. This study uses a qualitative approach with descriptive analysis method. The object of this research is 212 Mart Kayuagung. This study uses primary data and secondary data with data collection techniques of observation, interviews, and documentation. By using triangulation data collection techniques. 212 Mart Kayuagung in promoting its products, namely Advertising using banners, Personal Selling using face to face, Publicity using.

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alvabet), hlm.181

Atiko, Gita., Sudrajat, Ratih Hasanah dan Nasionalita, Kharisma. (2016) “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @INDTRAVEL)”, Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No.3, hlm. 378-389

Agustina, Widya. (2018)). “Strategi Promosi Dan Pelayanan Pariwisata Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dipantai Sari Ringgung Pasawaran Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”, skripsi, hlm.1-99

Baidowi, Aris. (2002). Etika Bisnis Perspektif Islam, Jurnal Hukum Islam Vol 9, No. 2, hlm. 6

Bungin, Burhan. (2014). Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana), hlm.114

Daroini, Muhammad Faiz. (2013). “Promosi Pada Perusahaan Konveksi Aba Collection Tulungagung Dalam Menghadapi Persaingan Strategi Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam”, Repository

Durin, Ramzi, (2020). “Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis”, Jurnal Valuta Vol. 6 No.1, hlm. 32

Eka, Nurjanah, “Analisi Strategi Promosi Dalam Persaingan Usaha Pengrajin Batik Kecamatan Muara Sabak Timur” Skripsi Tidak Diterbitkan, hlm 1-83

Google Maps

Habiburahman, (2017). “Strategi Promosi Pariwisata Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jurnal ekonomi, Vol. 22, No. 02, hlm. 177-186

Kompas.com Kaleindoskop 2021 : tahun penuh harapan bagi palaku UMKM https://money.kompas.com/read/2021/12/29/114430626/kaleidoskop-2021-tahun-penuh-harapan-bagi-pelaku-umkm, diakses pada tanggal 10 Februari

Lexyy, Moleong, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Maulida, Rani (2019) : Kriteria UMKM & Pajaknya Yang Perlu Anda Ketahui https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/kriteria-umkm-dan pajaknya diakses pada tanggal 19 Maret 2022, pada pukul 21.38

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kulitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, (Solo: Cakra Books), hlm.25

Sembiring, Lidya Julita (2021) 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung- tikar-karena-corona diakses pada tanggal 10 Februari 2022, pada pukul 12.30

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus ), (Yogyakarta: CAPS), hlm154-155

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif , (Bandung: Alfabeta), Cet-3, hlm. 9

Undang-undang tentang Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha https://jdih.esdm.go.id/storage/document/UU081999.pdf diakses pada tanggal 2 Juli 2022, pada pukul 21.40

Wanita, Nur, S.Ag.,M.Ag. (2016). “Bauran Promosi (Promotion Mix) Konvensional Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”, Jurnal Bilancia Vol.10, No.1, hlm. 27-50

Wawancara, Darmawan (2022, Mei 25), Personal Interview

Wawancara, Halijah (2022, Oktober 14), Personal Interview

Wawancara Roni (2022, Mei 27), Personal Interview

Wawancara, Sujiarti (2022, September 24)

Wawancara Yuni (2022, Mei 25), Personal Interview

Yuliani, Ayu (2017) Kemenkop UKM : 3.79 Juta UMKM Sudah Go Online https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media, diakses pada tanggal 10 Februari 2022, pada pukul 15.00

Zamzam, Fakhry dan Avarik, Havis, (2020) Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan, (Yogyakarya: Deepublish) hlm. 9

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Reny Moulisa Ananda, Hilda Hilda, & Mail Hilian Batin. (2023). Analisis Strategi Promosi Dengan Paket Sembako Pada 212 Mart Kayuagung Untuk Survive Selama Masa Pandemi Covid. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(5), 160–180. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i5.783