Psikoedukasi Pengasuhan Anak: Kecanduan Gawai dan Pendampingan Detoksifikasi pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.54066/jkb.v2i3.2210Keywords:
Detoksifikasi, Gawai, Kecanduan, Pengasuhan, PsikoedukasiAbstract
Kecanduan terhadap teknologi, khususnya penggunaan gawai semakin menjadi perhatian dalam konteks pengasuhan anak modern. Program pengabdian kepada masyarakat ini membahas pentingnya psikoedukasi dalam mengatasi kecanduan gawai pada anak serta strategi pendampingan detoksifikasi yang efektif. Psikoedukasi diimplementasikan sebagai metode untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang dampak negatif kecanduan gawai terhadap perkembangan anak. Selain itu, detoksifikasi dijelaskan sebagai pendampingan kepada anak untuk mengurangi dan mengelola penggunaan gawai yang berlebihan dengan pendekatan yang holistik dan terintegrasi. Pada psikoedukasi yang diberikan, tim pengabdian membahas mengenai faktor risiko kecanduan gawai, dampaknya terhadap kesejahteraan anak, hubungan antara pengasuhan anak yang sehat dan seimbang dengan kecanduan gawai, serta manfaat dari detoksifikasi gawai. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup pengembangan program psikoedukasi yang dapat diimplementasikan oleh para praktisi dan pendidik untuk membantu orang tua dalam mengelola penggunaan gawai anak secara bijaksana.
References
American Psychological Association. “APA Dictionary of Psychology,” 2018. https://dictionary.apa.org/internet-addiction.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
Chou, Chien, and Yuan Hsuan Lee. “The Moderating Effects of Internet Parenting Styles on the Relationship Between Internet Parenting Behavior, Internet Expectancy, and Internet Addiction Tendency.” Asia-Pacific Education Researcher 26, no. 3–4 (2017): 137–46. https://doi.org/10.1007/s40299-017-0334-5.
Gentile, Douglas A., Kira Bailey, Daphne Bavelier, Jeanne Funk Brockmyer, Hilarie Cash, Sarah M. Coyne, Andrew Doan, et al. “Internet Gaming Disorder in Children and Adolescents.” Nursing 51, no. 12 (2021): 34–38. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000800088.75612.0f.
Hsieh, Yi Ping, April Chiung Tao Shen, Hsi Sheng Wei, Jui Ying Feng, Soar Ching Yu Huang, and Hsiao Lin Hwa. “Internet Addiction: A Closer Look at Multidimensional Parenting Practices and Child Mental Health.” Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking 21, no. 12 (2018): 768–73. https://doi.org/10.1089/cyber.2018.0435.
Hwang, Yoori, Inho Choi, Jung Yoon Yum, and Se Hoon Jeong. “Parental Mediation Regarding Children’s Smartphone Use: Role of Protection Motivation and Parenting Style.” Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking 20, no. 6 (2017): 362–68. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0555.
Kanan, Nissia, Lawrence Arokiasamy, and Mohd Roslan bin Ismail. “A Study on Parenting Styles and Parental Attachment in Overcoming Internet Addiction among Children.” SHS Web of Conferences 56 (2018): 02002. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185602002.
Kennedy, Katie. “Positive and Negative Effects of Social Media on Adolescent Well- Being,” 2019.
Office of the Surgeon General. “Social Media and Youth Mental Health:The U.S. Surgeon General’s Advisory.” The U.S. Surgeon General’s Advisory, 2023, 25. https://www.hhs.gov/surgeongeneral/priorities/youth-mental-health/social-media/index.html.
Taherdoost, Hamed. “Internet Addiction; Symptoms, Impacts and Treatments.” Open Access Journal of Addiction and Psychology 5, no. 2 (2022): 2–5. https://doi.org/10.33552/oajap.2022.05.000608.
Zaini, Muhammad, and Soenarto Soenarto. “Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.