Pembentukan Brand Awareness Melalui Digital Marketing Pada UMKM Asmantoga Bunga Telang Kelurahan Medokan Ayu
DOI:
https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.565Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Bunga Telang, Brand AwarenessAbstract
Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital. Peran digital marketing menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi digital. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan digital marketing, termasuk salah satunya UMKM di Kelurahan Medokan Ayu, UMKM Asmantoga Bunga Telang yang merupakan UMKM di bidang makanan dan minuman olahan yang dimiliki oleh Ibu Mimik. Metode survei dan Focus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi.Hasil menunjukkan bahwa UMKM Bunga Telang masih terkendala dalam jumlah penjualan produk karena pemasarannya masih menggunakan cara berkeliling. Pembentukan brand awareness berupa evaluasi kendala pemasaran, pembuatan logo baru, label, serta repackaging produk pada UMKM Bunga Telang sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan penjualan tersebut
References
Haryanti, Sri, Bambang Mursito, dan Sudarwati. “Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta.” Jurnal Ilmiah Edunomika 3, no. 1: 144–51. 2019.
Pasaribu, Marta K N, Adinda Nadira Larasati, Daniel Fernando Siahaan, dan Berliana Manik. “Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1: 57–67. 2023.