SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MARCH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.54066/jkb-itb.v1i1.86Keywords:
sosialisasi, model pembelajaran index card, literasi digital, hasil belajar.Abstract
Pembelajaran tematik memfokuksan kepada uraian beragam konsep yang dipelajarinya lewat pengalaman langsung yang mengaitkan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain, sehingga peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas serta proses dalam menentukan keputusan atau ketetapan. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan wawasan kebangsaan guru-guru . Metode pelaksanaan program yang digunakan adalah ceramah dan metode tanya jawab bagi guru-guru SD untuk memberikan pemahaman tentang hakekat. Diakhir kegiatan ini, diadakan presentasi hasil bahan ajar yang dibuat peserta dalam power point disusul dengan pemberian umpan balik dan masukan terhadap karya tersebut. Dalam sosialisasi yang diberikan bahwa upaya sosialisasi yang dapat dilakukan oleh guru yaitu memberikan proses belajar mengajar yang lebih menarik dengan memanfaatkan aplikasi yang bersinergis dengan informasi mengenai Literasi Digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan. Media ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu Kegiatan belajar mengajar dengan literasi digital ini membantu guru melakukan komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik seperti tatap muka di kelas. Kesimpulan dari sosialisai ini adalah guru-guru peserta pelatihan ini mendapatkan pengetahuan.. Diharapkan pengetahuan yang dimiliki oleh guru-guru mengenai literasi digital dapat diteruskan ke masyarakat luas khususnya guru-guru yang ada di kabupaten Simalungun. Dimana guru-guru membutuhkan media yang dapat digunaan saat pembelajaran tatap muka terbatas
References
Ai Muflihah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.86
Amindari, A., Sumiharsono, M. R., & Waris, W. (2020). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Dan Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 54–68. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i1.429
Amini, W., Manalu, K., & Khairuddin, K. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick Pada Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA. Journal of Biology Learning, 3(2), 81–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1728
Andhika, M. R., & Setiawan, A. (2022). Penerapan Model Index Card Match Untuk MeningkaTKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 8 ACEH BARAT. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(1), 63–75. https://doi.org/10.47887/amd.v3i1.59
Astuti, E. R. P., Baysha, M. H., & Asy’ari, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Display Dan Realia Guru Sekolah Dasar. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/pmi.v1i1.13
Azizah, S. N., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementeasi Inovasi Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Terintegrasi Poster Bergambar Bagi Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6241–6247. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3214
Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992–9006. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Gumilar, A., Mutaqijn, I., & Yuliyanti, I. (2022). Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Cengkareng Barat 14 Pagi. TSAQOFAH, 2(5), 508–520. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/tsaqofah.v2i5.534
Hakiki, M., & Cinta, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Di Kelas V SD Negeri 60/II Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(01), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.632
Hamidah, S. N., Bektiarso, S., & Subiki, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Wujud Benda. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 449–455. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3106
Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765
ISYAROH, L. (2020). Pengaruh Media Visual Kartu Huruf Dan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Di Mi Al Huda Rejowinangun Trenggalek. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14688
Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan pemahaman penggunaan huruf kapital dalam menulis teks deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–27.
MT, I. S., Azi, A. G., Ulfiana, S. N., Stiyanto, J. D., Astuti, P., & Restuninda, A. B. (2022). Pola Pendampingan Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Sd Tegalombo Di Era New Normal. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.2656
Ningsih, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas viii mtsn kabupaten kerinci. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351–362.
Ningsih, W., Salahuddin, A., & Sari, F. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 13 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 193–201.
Nurbaeti, S., Kosasih, K., & Hidayatullah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 Semester Ii (Genap) Tahun 2022 MI. MA. Sindanglaya Bojong. TA’DIBIYA: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 2(2), 14–23.
Oktaviani, E., Susmini, S., & Ridawati, I. D. (2022). Permainan Edukatif Quarted Flash Card (QFC) Sebagai Media Promosi Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(7), 2216–2225. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i7.6298
Putri, N. K. I. P., Murda, N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20492
Rahmawati, S., & Dadi, D. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep komponen ekosistem. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Rosa, E. (2019). Model Pembelajaran Index Card Match (Kartu Indek)Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii.2 Semester Ii Smp Negeri 4 Batang Anai. Journal of Civic Education, 2(2), 96–119. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.134
Rustiana, L. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Abjad AZ Di Raudlatul Athfal “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN KUDUS. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3569
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Sari, L. K., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1576–1581. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5509
Setiawati, D. A. O., Sudiarta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2845
Supriyani, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Membaca Peta Huruf Siswa Taman Tk Nurul Azizi Medan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 50. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8051
Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1315–1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553
Tobing, M. T., Sihombing, L., Purba, N., & Pasaribu, E. (2023). Sosialisasi Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(1), 72–76. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALKHIDMAH/article/view/182
Zahwa, N. R., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7503–7509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3538