Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Authors

  • Meidhani Martha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Sumiati Sumiati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i1.1216

Keywords:

Service Quality, Use of Information Technology, Taxpayer Compliance

Abstract

This research aims to analyze the influencequality of service and use of information technology on taxpayer compliance with the Padang One Roof Manunggal Administration System. This research uses quantitative methods. The population is the total number of taxpayers complying with the Padang One-Stop Single Administration System tax service office, the sampling technique is random sampling with anyone observing at the survey location. Data analysis uses multiple linear regression analysis using the SPSS application. The research results show that service quality has a positive effect on taxpayer compliance in the Padang One-Stop Single Administration System and the use of information technology has a positive effect on taxpayer compliance in the Padang One-Stop Single Administration System.

References

Azizah, Kaila Jessinia, and Nunung Nurhayati. 2023. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.” Bandung Conference Series: Accountancy 3(1):277–83. doi: 10.29313/bcsa.v3i1.6274.

Chandra, Valentinus Ricky, and Anton Arisman. 2023. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi, Sistem Administrasi Perpajakan Dan Pemahaman Self Assessment Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi Yang Berdomisili Di Kota Palembang ( Studi Kasus Pada KPP Pratama Ilir Barat Palembang).” Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (Prima) 4(1):92–100.

Dewi, Revi Asyifa, and Nunung Nurhayati. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayan Pajak Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Cimahi.” Bandung Conference Series: Accountancy 2(1):414–21.

Djo, Kristiana Yolanda Wula. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sosialisasi Pajak Dan Penerapan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” Jurnal Literasi Akuntansi 2(2):119–28. doi: 10.55587/jla.v2i2.49.

Hamidi, Rasul, and Muhammad Rivandi. 2023. “Kepatuhan Wajib Pajak Dan Pemutihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada SAMSAT Padang Pariaman.” Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA) 1(2):297–309.

Huda, Safiul, and Ati Sumiati. 2019. “Pengaruh Pad, Dau, Dan Dak Terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah.” Jurnal Wahana Akuntansi 14(1):85–100. doi: 10.21009/wahana.14.016.

Iriyanto, Muhammad Sukron, and Fatchur Rohman. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Dan Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Jepara.” Jurnal Rekognisi Akuntansi 6(1):16–31. doi: 10.34001/jra.v6i1.188.

Khairunnisa, Maulin. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, E-Filling Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi ( Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Semarang).” Universitas Islam Sultan Agung 1–123.

Marlius, Doni, and Febryandhie Ananda. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Minat Kuliah Di Akbp Padang.” Jurnal Pundi 3(3):191. doi: 10.31575/jp.v3i3.190.

Parso, Parso, and Salsabila Novita Darmawan. 2023. “Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Di Kalangan Generasi Milenial Wilayah Jakarta Dan Sekitarnya.” Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora 6(1):17–31. doi: 10.33753/madani.v6i1.250.

Rizky, Muhammad Nur. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sosialisasi Perpajakan, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” 1–136.

Rukiyanti, and Muliyani. 2023. “Pengaruh Penghindaran Pajak Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate.” Jurnal Pundi 7(1):63–75. doi: 10.31575/jp.v7i2.500.

Salam, Fenny Noor, and Dea Amalia Lestari. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kpp Pratama Bandung Cicadas.” EKONAM: Jurnal Ekonomi 04(2):73–81.

Sulistyari, Putu Indah, Anik Yuesti, and Desak Ayu Sri Bhegawati. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi Account Representative, Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Badung Selatan.” Jurnal Kharisma 4(2):289–300. doi: 10.31937/akuntansi.v5i1.141.

Sumiati, Sumiati, and Teguh Ariadi. 2023. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kota Pariaman.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS) 3(1):40–46. doi: 10.47233/jebs.v3i1.456.

Sumiati, Sumiati, and Ivoneldi Ade Sumitra. 2023. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya.” Jurnal Economina 2(5):1112–26. doi: 10.55681/economina.v2i5.541.

Wangi, Ni Made Putri, I. Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra, Putu Novia Hapsari, and M. Doni Permana Putra Putra. 2023. “Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT Kota Tabanan.” Jurnal Kharisma 5(2):443–55.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Meidhani Martha, & Sumiati , S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 2(1), 385–398. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i1.1216