Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ecobag Di Indomaret (Studi Pada Indomaret Nusa Indah Kota Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i2.129Keywords:
green marketing, minat beli, ecobagAbstract
Terjadinya global warming disebabkan oleh banyaknya sampah plastik karena sampah plastik sulit untuk terurai dari hari kehari penggunaan plastik semakin meningkat. Semakin meningkat jumlah sampah membuat masyarakat mulai sadar bahwa produk-produk yang mereka gunakan dapat menambah jumlah sampah. Beberapa konsumen mulai selektif dalam membeli produk. Perusahaan yang menerapkan isu peduli terhadap lingkungan hidup dalam aktivitas produksinya menimbulkan fonomena baru dalam dunia pemasaran berupa strategi pemasaran ramah lingkungan (green marketing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, karena instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk ecobag di Indomaret. Sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa : green marketing secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai diatas 0,492 artinya sebesar 49,2% green marketing dapat menjelaskan pengaruhnya tentang minat beli ecobag, sedangkan 50,8% lainnya dijelaskan oleh faktor lain.
References
Agustin, Risna Dwi, Srikandi Kumadji and Edi Yulianto. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 22 No. 2 (Mei 2015): 3.
Allen A. Ch. Manongko. Green Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Produk Organik Di Kota Manado). Tesis, Universitas Brawijaya Manado, 2011.
Almuarief. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Pada Air Minum Dalam Kemasan Ades). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta 2016.
Agama RI, Departemen. Al-Quran Cordoba Terjemah Perkata. Bandung: PT. Al-Qurbatul Dauliyah, 2013.
Ansar, Novera. Impact Of Green Marketing On Consumer Purchase Intention. Mediterranean Journal Of Social Sceinces. Vol. 4 no 11. (2013): 650- 655.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek, Jakarta: Riena Cipta, 2002.
Bungin, Burhan. Motodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Cha. Dampak Sampah Plastik Terhadap Lingkungan, www.tridinamika.com, di akses pada 28 januari 2021 pukul 14:12
Charter, M. Greener Marketing: A Responsible Approach To Businessi. Greenleaf: Sheffield, 1992.
Devi & Putri Intan Shintia. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk The Body Shop. Skripsi, Universitas Kristen Maranatha Bandung, 2014.
Dianti, Nia Resti. Green Product dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi & Bisnis. Vol. 12 No.1 (Januari 2021): 134.
Duli, Nikolous. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Fauziah, Ninda dan Dadan Abdul Mubarok . Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Studi Pada Produk Kecantikan). Jurnal Riset Manajemen. Vol. 8 No. 1 (April 2019): 39-40.
Gano-an, Jonathan C. Consumers’ Preferences On The Use Of Eco-friendly bags : A Green Marketing Perspective. Jurnal Of Economics, Business, and Accountancy Ventura. Vol. 20 No. 3 (December 2017-March 2018):. 358.
Hariyani, Dessy. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen The Body Shop. Skripsi, Institut Darmajaya Informatika Dan Bisnis Bandar Lampung, 2020.
Haryono. Kewirausahaan Era Kampus Merdeka. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2021.
Hati, Shinta Wahyu. “Ekonomi dan Manajemen Bisnis”. Jurnal Akuntansi. 3 no. 02 (2015): 120.
Hisam, Muchamad Choirul, N Rachma dan M. Hufron. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Kasus Pada Air Minum Dalam Kemasan Ades di Toko Panjerejo Tulungagung), Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, (2020): 29.
Indomaret Luncurkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan, https://republika.co.id di akses pada 30 Januari 2022 pukul 14:35
Izzani, Tamara. Pengaruh Green Marketing dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Love Beauty Planet (Studi Kasus di Giant Pasar Minggu). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen. Vol. 11 No 2. (April 2021): 150.
Jay, Polonsky Michael. Sebuah Pengantar Pemasaran Hijau. Jurnal Hijau Elektronik.Vol 1 issue 2. (1994).
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prehallindo, 2000.
Kurniawan, Agung Widhi and Zahar Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva buku, 2016.
Kusuma, Erik Indra, Djasuro Surya and Indra Suhendra. Pengaruh Strategi Green Marketing dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa. Vol. 1 No 1, (Mei 2017): 34.
Lemeshow, Stanley David W. Hosmer J, Janeile Klar. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan.Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2997.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Marhadi, Nuryamsi Ayu and Henni Noviasari. Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah di Perumahan PT. Aksa Karya Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Vol. 21 No. 3 (September 2013): 6.
Mau tau jumlah gerai Alfamart dan Indomaret Di Kota Jambi. https://www.jambiupdate.co/artikel , Di akses pada 01 September 2022, Pukul 13:23.
Misbahuddin and Hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Najib, Muhammad Ainun, Istiatin Istiatin and Ratna Damayanti. Keunggulan Bersaing ditinjau dari Green Marketing, Sikap Konsumen dan Kualitas Produk (Studi Pada Indomilk Surakarta). Jurnal Edumika. Vol. 04 No. 02 (2020): 674.
P, Fika Riskiana Sukma, Susanto, Lusia Tria Hatmanti H. Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk, dan Brand Image Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Vol. 9 No.1 (2021): 33-34.
Palwa, Ariyanto. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Minat Beli (Studi Pada Pelanggan The Body Shop di Plaza Ambarukmo Yogyakarta). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, , 2014.
Pembahasan Lengkap Teori Green Marketing menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Green Marketing. https://idtesis.com. diakses pada 12 September 2022, Pukul 19:23
Pradipta, Hesti Octavia and Mashariono Mashriono. Pengarug Citra Merek, Periklanan Terhadap Minat Beli Konsumen Thermometer Onemed dI Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 4. No 7 (Februari 2015): 5-6.
Purnama, James. Pengaruh Green Produk Ramah Lingkungan, Atribut Merek Hijau, Iklan Peduli Lingkungan dan Persepsi Harga Premium Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
Purnamawati, Desi. Produksi Sampah Plastik Indonesia 5,4 Juta Ton Per Tahun, https://www.antaranews.com, diakses pada 13 Desember 2021 pukul 12:31
Puspitasari, Caselia Ajeng, Lilik Noor Yulianti and Farit Afendi. Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik Melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 7 No 2, (September 2021): 713.
Rabbani, Aletheia. Pengertian Minat Beli, Aspek, Faktor, Indikator, dan Tahapannya. https://www.sosial79.com Diakses Pada 13 September 2022, Pukul 19:22
Rachmawaty, Meilyna and Imanuddin Hasbi. Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli AMDK ADES (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES Di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. Vol. 4 No 1. (2020): 71.
Rahayu, Luh Made Pradnyani, Yusri Abdillah and M. Kholid Mawardi. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 43 No 1 (Februari 2017): 122.
Ramadhayanti, Ana. Aplikasi SPSS Untuk Penelitian dan Riset Pasar. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
Rukhamai, Zulfatur. Analisis Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Indomaret Plus Jalan Soekarno Hatta Malang Jawa Timur). Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindopersada, 2008.
Satria, Daniel Adhi and Helena Sidharta. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Prokball. Jurnal Manajemen dan Start-Up. Vol 2 Nomor 3 (Agustus 2017): 398-408.
Septifani, Riska, Fuad Achmadi and Imam Santoso. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol 13 No. 2 (2014): 206.
Setiawan, Cruisietta Kaylana and Sri Yanthy Yosepha. Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twiter @TheBodyShop). Junal Ilmiah M-Progres. Vol.10 No.1 (Januari 2020): 4.
Sinambela, Lijan Poltak Sinambela. Metode Penelitian Kuantitatif ; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Public, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke 19, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sujarweni, V.Wiratna. Metode Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Pustaka Baru Press: Yogyakarta, 2015.
Sukestiyarno. Statistika Dasar. Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2014.
Sunarsih, Denok and Yoyok Cahyono. Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.
Supandini, Ni Putu Ari and Komang Agus Satria Pramudana. Peran Kepedulian Pada Lingkungan Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6 No 7, (2017): 3906.
Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Utomo, Stefany. Analisis Pengaruh Service Quality dan Service Convenience terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction di Indomaret Surabaya. Skripsi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 2019.
Walgren, Cobb. Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intent. Journal Of Marketing Research. Vol. 19 (November 1995).
Zulviani, Mamik, Nurul Akramiah and Eva Mufidah. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas Sophie Martin Paris. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi. Vol 4. No 1 (Juni 2019): 3.