Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Usaha Kerupuk Ikan SPN di Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi

Authors

  • Hatta Hatta UIN STS Jambi
  • Sissah Sissah UIN STS Jambi
  • Anzu Elvia Zahara UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i2.157

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan Keluarga, Usaha Kerupuk Ikan

Abstract

Tujuan imelakukan ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui iStrategi ipemasaran iyang idapat i diterapkan idan ifaktor iyang ipaling iberpengaruh iterhadap ikeberhasilan usaha ipada iusaha ikeluarga ikerupuk iikan iSPN iDalam iMeningkatkan iPendapatan ikeluarga  iDi i Kelurahan iTanjung iSari iKecamatan iJambi iTimur, iKota iJambi. iMetode ianalisis imenggunakan ianalisis ideskriptif idari ihasil iwawancara iyang idilakukan ikepada ipengelola iusaha ikrupuk iikan  iSPN. iHasil ipenelitian imenemukan ibahwa iPenerapan istrategi ipemasaran iislami iusaha ikerupuk iikan iSPN idilakukan idengan imerapkan istrategi iSyariah iMarketing (Strategi iPemasaran iSyariah), iSyariah iMarketing iTactic imelalui istrategi i3P iyaitu iProduk i(Product), iHarga i(Price), iTempat i(Place) idan iPromosi i(Promotion), idan iSyariah iMarketing iValue iyang isudah idilakukan isengan ibaik. iFaktor ipendukung idalam ikegiatan ipemasaran iusaha ikerupuk iIkan  iSPN iini  i adalah  ipelanggan itetap iyang isetia isehingga irasa iharus itetap idipertahankan, ipemanfaatan isumber idaya iinternal idari ikeluarga iyang imebuat iefisiensi ibiaya iatau ipengeluaran iproduksi. iFaktor ipenghambat ikegiatan ipemasaran iadalah imodal iyang idimiliki isedikit ikarena iproduksi iyang idilakukan ihanya imenggunakan icara imanual. iMaka iakan imenghambat iuntuk imemproduksi isesuai idengan itarget ipada isaat ibanyak ipesanan  idari ipelanggan. iSelain iitu ibelum imenemukan ikaryawan iatau ipekerja iyang icocok ikarena iterbukti iselama iberdirinya  ikrupuk  iikan iSPN ibelum imemiliki  ikaryawan iyang  itetap.

References

Buku

Anonim, Al-Qur’an dan Terjemahanya, Jakarta: Kementrian Agama, 2019. Anonim, Buku Pedoman Penulisan Skripsi: Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2020.

David, R. F.. Strategic Management, Jakarta: Selemba Empat, 2010.

Djama’an Satori, Aan Komariah, Metodologi Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010

Fauzia. I.Y, Prinsip Dasar Ekonomi Islam, Prenada Media Gruop: Jakarta, i2015, Hunger, J. D & Thomas L. Wheelen. Manajemen Strategi Terjemahan,Yogyakarta: Andi, 2003.

Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018), Kotler, Philip iand Kevin Lane Keller 2016. Marketing Managemet. Edisi 15. Global Edition. Pearson

Rangkuti, iF, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Bumi Aksara : iJakarta. 2005.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta..

Literatur:

Afrianto,T. Kajian Tingkat Kesejahteraan Keluarga Pedagang Di Obyek Wisata Desa Windaji Kecamatan Paguyangan, universitas muhammadiyah purwokerto, i2013,

Alyas, Dkk, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros), Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 19:2,

Amelda Pjt, Peran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (Up2k) Dalam Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesajahteraan Ekonomi Masyarakat Di Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut, Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Uin Sumatera: Jambi, 2019

Arianty. N, Analisis Usaha Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2017.

Bank Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, (Jakarta: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2015),

Endang, Purwanti, Pengaruh Krakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Terhadap Perkembangan UMKM, Di Desa Dayan Dan Kalilondo Salatiga, STIE AMA Salatiga.

Hadi, D.C, Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft), (UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta, 2018)

Iqbal Fauzi, Strategi Pengembangan, IAIN Purwokerto, 2018.

Tulus T.H Tambunan, UMKM Di Indonesia (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009), Umar, H, Desain Penelitian Manajemen Strategik, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008.

V. Wirantna Sujarweni, Motode Penelitian (Yogyakarta: Pustakabarupress,2014),

Veithzal Rival Zailani, dkk, Islamic Marketing Manajement, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017).

Wulandari, D, Sumbangan Pendapatan Ibu Rmah Tangga Pekerja Konveksi Kelambu Terhadap Tingkat Kesejahteraan Keluarga Perantau Di Desa Sumampir Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2015

Wulandari. L.T, Pengelolaan Modal Kerja Krupuk Ikan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kampung Krupuk Desa Kedung Rejo Kec Jabon Kab Sidowarjo, Tesis Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang, (2016), Hlm.1.

Akses iInternet:

Http://teaglecrafi.blogspot.com/2018/06/cara-mengembangkan-strategipemasaran.html, akses pada 1 oktober 2020.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Hatta Hatta, Sissah Sissah, & Anzu Elvia Zahara. (2023). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Usaha Kerupuk Ikan SPN di Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 1(2), 138–149. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i2.157