Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Keputusan Berbelanja Online Pada E-Comerce Zalora Di Bandar Lampung

Authors

  • Talitha Nahda Engrasia Universitas Lampung
  • Aripin Ahmad Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i2.195

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Keputusan Membeli, Regresi Sederhana

Abstract

Keputusan pelanggan membeli merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pemasaranuntuk kelansungan hidup perusahaan. Untuk itu perusahaan harus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Permasalahannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Keputusan Berbelanja Online pada E-Comerce Zalora di Bandar Lampung. Hasil regresi linear sederhana membuktikan kualitas pelayanan elektronik berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berbelanja online pada E-Comerce Zalora di Kota Bandar Lampung. Untuk meningkatkan keputusan berbelanja online pada E-Comerce Zalora, sebaiknya mengevaluasi pelayanan yang dilakukan oleh pelaksana manajemen Zalora terutama dari segi keamanan dan pengiriman barang sampai ke konsumen.

References

Blut, Markus. 2016. “E-Service Quality: Development of a Hierarchical Model.” Journal of Retailing 92(4):500–517.

Bougie, and Sekaran. (2013). Edisi 5, Research Methods for Business: A skill Building Approach. New York: John wiley@Sons

Bressolles, G. & Durrieu, F. (2011). Service quality, customer value & satisfaction relationship revisited for online wine website In 6th AWBR International Conference. France

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE Publication, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Malhotra, A. 2015. “E-S-Qual: A Multiple- Item Scale For Assessing Electronic Service Quality”, Journal of Service Research, Vol. 7 No. 3, pp. 213-233.

Priansa, Doni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Sekaran, Uma and Bougie, Roger. 2013. Edisi 5, Research Method For Business: A Skill Building Approach. John Wiley @ Sons, New York.

Sheng, Tianxiang, and Chunlin Liu. 2010. “An Empirical Study on the Effect of E- Service Quality on Online Customer Satisfaction and Loyalty.” Nankai Business Review International 1(3):273–83.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, dan Kualitatif, Bandung: UPI

Wilson, A., Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2012). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (2nd ed.). McGraw Hill

Woodruff, Robert B. 1997. “Customer Value: The Next Source for Competitive Advantage”. Journal of the Academy of Marketing Science. 25 (2): 139-153.

Yang, Zhilin. and Robin T. Peterson (2004). Customer Perceived Value, Satisfaction, and Loyalty: The Role of Switching Costs. Psychology & Marketing, 21(10), 799822.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Talitha Nahda Engrasia, & Aripin Ahmad. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Keputusan Berbelanja Online Pada E-Comerce Zalora Di Bandar Lampung. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 1(2), 170–186. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i2.195