Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Ragusa Es Krim Italia Jakarta

Authors

  • Sandi Rahmat Saputra Universitas Gunadarma
  • Reni Anggraini Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i4.2555

Keywords:

Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga

Abstract

Kemajuan ekonomi telah mendorong pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha, khususnya di sektor kuliner, termasuk hidangan penutup (dessert). Minat terhadap es krim di Indonesia sangat tinggi sehingga bisnis ini cukup menarik bagi para pengusaha. Berdasarkan data penjualan es krim di Indonesia, terdapat antusias yang cukup tinggi konsumen terhadap hidangan penutup terutama produk es krim. Mengetahui serta menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga, dan cita rasa baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen di Ragusa Es Krim Italia Jakarta serta variabel yang paling dominan pengaruhnya. Sampel diperoleh melalui teknik accidental sampling dengan jumlah 150, dengan data primer yag dievaluasi melalui pendekatan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian memaparkan bahwasannya kepuasan pelanggan dipengaruhi secara positif baik secara parsial ataupun simultan oleh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga, dan cita rasa, sementara persepsi harga merupakan variabel paling signifikan yang memengaruhi kepuasan konsumen di Ragusa Italian Ice Cream Jakarta.

References

Akbar, N. F., & Nurcholis, D. L. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Furniture Di Rangga Jaya Mebel Jepara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 972–994.

Arifin, A. (2020). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Universitas 17 agustus 1945 surabaya (Untag).

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). PT Raja Grafindo Persada.

Bimasyah, C. F. K., & Khoirianto, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di De Classe Gelato And Coffee Kota Blitar. Eco-Entrepreneur, 8(2), 72–82.

Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition For Foodservice And Culinary Professional’s (7th ed.). John Wiley & Sons, inc.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit UNDIP.

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, S. F. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(1).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Iqbal, M., & Hermani, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Bakoel Eskrim Cabang Tembalang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 343–350.

Kotler, P., & Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Prenhalindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management Global Edition 15. Pearson Education.

Kusumaningrum, F. D., & Supradewi, R. (2019). Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humaniora, 409–419.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59–72.

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone pada Marketplace Shopee: Studi pada Mahasiswa Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149.

Nasir, A. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (Pendoman Memulai Bisnis Era. Revolusi Industri 4.0). CV Adanu Abimata.

Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate.

Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Sari, H. P. R. (2021). Pengaruh cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen ragusa es krim italia. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3(1), 35–49.

SNI. (1995). SNI 01-3713-1995 tentang Es krim, ICS 67.100.40 Badan Standardisasi Nasional.

Sugiyono, P. D. (2022). Metodologi Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumiati, H., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ice Cream & Tea Mixue Di Ruko Kartika Kecamatan Klari. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5860–5872.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran, Prinsip dan Penerapan. Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality dan Satisfaction (5th ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Andi.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Published

2024-10-30

How to Cite

Sandi Rahmat Saputra, & Reni Anggraini. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Ragusa Es Krim Italia Jakarta. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 2(4), 392–404. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i4.2555