Implementasi Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dengan Metode Full Costing dan Pengoptimalan Pemasaran Digital pada Penjualan Snack Guparove Studi Kasus pada Pelaku UMKM Ibu Suwarsi Kelurahan Margomulyo

Authors

  • Rini Susilawati STIE Madani Balikpapan
  • Shafa Salsabila STIE Madani Balikpapan
  • Safitri Safitri STIE Madani Balikpapan
  • Dede Pebrianto STIE Madani Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v3i1.2707

Keywords:

Brand, Digital Financial Report, Marketing, MSME

Abstract

The aim of this research is to analyze implementation of determining the cost of goods produced (hpp) with the full costing method and optimizing digital marketing on the sale of guparove snacks case study on umkm actors ibu suwarsi kelurahan margomulyo. This research method uses the Steps method which was carried out for 4 months in Margo Mulyo village by group 7. Innovation Development (PI) activities carried out in the form of mentoring MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises), especially GUPAROVE MSMEs in RT 46 Margo Mulyo Village and conducting seminars, including marketing strategies, product innovation processing, packaging development, and training in recording or financial management through digital and manual. The seminar activity carried out, namely MSME Marketing Innovation Optimizing Social Media & Creative Content to Increase Sales and MSMEs in Margo Mulyo Village, aims to provide an understanding to MSME players and their surroundings about the importance of recording financial statements digitally for decision making and minimizing financial fraud. With this development, it is hoped that MSME players can reach wider marketing and further utilize digital applications to make more efficient financial reporting performance.

References

Agustini, S. (2023). Pengembangan inovasi UMKM GUPAROVE melalui pemasaran digital di Kelurahan MargoMulyo. Usulan Program Pengembangan Inovasi (PI) Kelompok 16. STIE MADANI Balikpapan.

Akib, M., Dharmawati, T., & Pasuay, M. F. N. (2020). Analisis penentuan harga pokok penjualan berdasarkan metode full costing rumah makan bebek goyang sulawesi (Begos) Kendari. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 1-19.

Asriyani, A. (2020). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi produk harus melalui akun @hausindonesia. Jurnal Akrab Juara, 5, 97-114.

Fauzia, S. (2017). Analisis penetapan harga pokok produksi produk rengginang berdasarkan metode full costing (Studi kasus pada UMKM “Firma”).

Halmawati, H., Rafni, A., & Lasmini, R. S. (2024). Peningkatan income generating pelaku usaha perkumpulan RumahGadang92Sahati dengan pendekatan full costing di Lubukbasung, Agam. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 268-273.

Hanifa, H. (2022). Analisis harga pokok produksi dan pendapatan usaha sebagai upaya optimalisasi laba kotor pada PT Peternakan Ayam Manggis periode 2019-2021 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Kartika, N., & Akbar, A. (2023). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variable costing untuk menentukan harga jual pada UMKM Java Bakery. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(8), 3440-3449.

Muhammad Susanto, N. P. (2019, Februari). Full costing dan direct costing. Scribd. https://id.scribd.com/document/400717919/Full-costing-dan-direct-costing

Nisrina, M. (2015). Kobis, Yogyakarta. Bisnis Online: Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang.

Priyanto, S. A., & Basori, H. (2019). Penentuan harga pokok produksi balok kayu terhadap besarnya laba perusahaan dengan metode full costing (Studi kasus PT. Suwarni Agro Mandiri Singosari Malang). JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 6(3), 101-111.

Rosi, N., Melliana, M., & Wiroto, N. (2024). Perhitungan harga pokok produksi usaha dagang bakso tusuk 26 di Dumai. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 19(1), 35-43.

Soraya, A. T., & Septiana, N. (2018). Analisis penentuan harga pokok penjualan dengan menggunakan metode full costing pada pabrik roti Pelangi Nusantara di Kota Metro. Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan, 1(2).

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano, 4, 117.

Supardi, S., Sriyono, S., & Hermawan, S. (2023). Pendampingan strategi UMKM di era digital melalui pencatatan keuangan, penghitungan harga pokok produksi dan manajemen pemasaran untuk dapat naik kelas: MSME strategy assistance in the digital era through financial recording, calculation of cost of production and marketing management to get upgrading. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(6), 968-979.

Tarmizi, A., & Solihin, A. (2023). Optimalisasi pemasaran produk wisata serta penguatan ekonomi lokal dan kesadaran masyarakat di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 76-85.

WK, W. N., Muhtarudin, M., & Nugraha, R. W. (2024). Aplikasi web untuk perhitungan harga pokok jasa pengolahan kulit sapi dengan metode full costing. Jurnal Teknologi dan Informasi, 14(1), 24-35.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Rini Susilawati, Shafa Salsabila, Safitri Safitri, & Dede Pebrianto. (2024). Implementasi Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dengan Metode Full Costing dan Pengoptimalan Pemasaran Digital pada Penjualan Snack Guparove Studi Kasus pada Pelaku UMKM Ibu Suwarsi Kelurahan Margomulyo. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 3(1), 110–125. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v3i1.2707