Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Toko Buku Gramedia Cabang Plaza Bintaro di Tangerang Selatan)

Authors

  • Satrio Widhi Nugroho Universitas Budi Luhur
  • Agus Sriyanto Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v3i2.3058

Keywords:

Promotion, Service Quality, Store Atmosphere, Purchasing Decisions

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of promotion, service quality and store atmosphere on purchasing decisions at the Gramedia Bookstore in Plaza Bintaro. The population in this study were consumers of the Gramedia Bookstore in Plaza Bintaro who made purchases. The sample in this study amounted to 100 respondents. The data were processed using the help of the SPSS 26 statistical analysis program and Microsoft Excel 2013. The results of the study were that promotion, service quality and store atmosphere partially had a significant effect on purchasing decisions at the Gramedia Bookstore in Plaza Bintaro.

References

Aiba, I. Y. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Paris Van Java Bandung. Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, Alfabeta.

Arianty, N., dan Andira , A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Aulina , N. U. (2021). Peran Promosi Dalam Meningkatkan Wisata di Pendestrian. JPD, 1(1), 29-35.

Aziz, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Outlet Edelweissoutdoor Lumajang. Lumajang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama.

Diany, A. A., Sangen, M., dan Ikhwan, F. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Positive Emotion Dan Perilaku Impulse Buying di Departement Store Matahari Duta Mal, Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 65-84.

Emylandi, R., dan Istikomah, K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Kenangan di Rc Veteran Jakarta Selatan). Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi, 3-19.

Ghozali, imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm SPSS 25. (edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72.

Hidayat, T. (2018). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian. Malang: Universias Brawijaya.

Hotimah , H., dan Nancy, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Jalan Sultan Iskandar Muda Kebayoran Lama . Jurnal Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia, 4(1), 28-38.

Karya, H. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Suasana Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen. Makassar: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Kotler dan Amstrong, 2017. Marketing Managemet. Edisi 16 Global Edition. Pearson

Kotler, dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management -15/E. Essex, England: Pearson Education.

Lestari, U. P., dan Sinambela, E. A. (2022). Keputusan Tempat Pembelian Berdasarkan Kualitas Layanan, Suasana Toko dan Persepsi Harga. Jurnal Satyagraha, 05(02), 87-97.

Mangkunegara, A. A. P. (2019). Perilaku Konsumen Refika Aditya.

Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrapsepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi. Jurnal Avesina, 13(1), 19-23.

Mulyana, M. (2019). STRATEGI PROMOSI DAN KOMUNIKASI. MateriTutorial Online, 57-63.

Nugroho, Rizma. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online Go-Car Di Kota Solo. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Oktavia, Jean; Septiani, Fauziah;. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Gerai Calvin Klein Pondoh Indah Mall Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(3), 446-457.

Paramita Daniar, R. W., Rizal, N., dan Sulistiyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif. Lumajang : Widya Gama Press.

Patmala, H. S., dan Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama . Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3), 1154-1170.

Ramadhan , M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya : Cipta Media Nusantara (CMN).

Rianti, S., Rusli, Z., dan Yuliani , F. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(3), 412-419.

Sandra, F. K. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Restoran Burger King Cabang Bintaro Jaya Xchange Periode Maret-Mei 2019). Universitas Budi Luhur .

Silaningsih, E., dan Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144-158.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap. Jurnal Mandiri, 4(1), 38-51.

Sriyanto, A., dan Hidayat, R. S. (2022). Peran Konten, Testimoni dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Kopi Lima Detik Kemang, di Jakarta). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 11(2), 2252-6226.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo S.pd (ed.); Edisi Kedu). ALFABETA,cv.

Tedjakusuma, A. P., Delananda, A., dan Andajani, E. (2020). Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Pada Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(1), 21-29.

Tjiptono, Fandy. 2020. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Andi

Utami, N. R., dan Vildayanti, R. A. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Skincare Azarine di Dan+Dan Pasar Jombang Ciputat Kota Tangerang Selatan. Ekoma: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6), 1289-1301.

Wardhana, F. A. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Tempat dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(3), 4.

Winda Sari, N. D., Mitariani , N. E., dan Imbayani , G. A. (2020). Pengaruh Suasan Toko, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Barbershop. Values, 1, 41-49.

Wowor, L. T., Kindangen, P., dan Worang, F. G. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Harga, Kualitas Produk dan Suasana Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Megamas Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 4115-4124

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Satrio Widhi Nugroho, & Agus Sriyanto. (2025). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Toko Buku Gramedia Cabang Plaza Bintaro di Tangerang Selatan). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 3(2), 24–44. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v3i2.3058