PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI FREMILT DI KECAMATAN JEBRES SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i3.561Keywords:
Inovasi produk, harga, promosi, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh inovasi produk, harga dan promosi terhadap minat beli pada konsumen Fremilt di Kecamatan Jebres Surakarta. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi mengenai suatu masalah yang dialami oleh gerai Fremilt di Kecamatan Jebres Surakarta yaitu menurunnya minat beli oleh konsumen, berdasarkan pengamatan hal ini terjadi dikarenakan kurangnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan Fremilt. Kurangnya promosi ini juga mengakibatkan konsumen kurang mengetahui inovasi dari produk Fremilt. Promosi sangat penting dilakukan oleh perusahaan untuk pengembangan usahanya. Pemahaman terhadap perilaku konsumen tidak lepas dari minat membeli, karena minat membeli merupakan salah satu tahap yang pada subyek sebelum mengambil keputusan untuk membeli. Data dan informasi diperoleh melalui transformasi data dari hasil jawaban yang diberikan oleh responden yang kemudian diolah dengan menggunakan skala Likert. Hasil analisis digunakan untuk mengetahui pengaruh dari inovasi produk, harga dan promosi terhadap minat beli. Penelitian ini menunjukkan bahwa Fremilt adalah pelopor minuman Thai Tea yang menyajikan minuman berkualitas sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli secara terus menerus di tengah banyaknya persaingan produk minuman.
References
Anonim. 2019. Pedoman Penyusulan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonom. UNISRI. Surakarta.
Abdullah. T., Tantri, F. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press, Jakarta.
Afriyanti. Rahmidani. 2019. Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli lee Cream AICE di Kota Padang Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 3, Hal. 270-279.
Alma, Buchari. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsini, 2014. Prosedur Penelitian pendekatan praktik. Rincka Cipta. Jakarta.
Cahya, Bintari, Wulandari. 2021. "Analisys Of Marketing Strategy In An Effort To Attracct Consumer Buying Interest On MSME Peyek Sari Menir Gunung Kidul" Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 9, No. 2.
Hal. 166-174. Cravens, David W.2017. Pemasaran Strategis. Edisi 4 jilid 1, Ahli bahasa:
Lina Salim. Erlangga, Jakarta.
Dhewanto, W., Indradewa, R., Ulfah, W. N., & Rahmawati, S. 2015. Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Alfabeta. Bandung.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.
Hagang, L.V. 2019. Pengaruh inovasi, Media sosial dan harga terhadap minat beli konsumen di Geprek Express Samarinda". Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 7, No. 1, Hal. 222-235.
Hardiansyah, 2019. "Pengaruh Suasana Toko, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli di Toko Roti Morning Bakery" Jurnal Bening Prodi Manajemen, Vol. 6, No.1, Hal. 214-223.
Kurniasari. 2018, Pengaruh Inovasi Produk. Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing", Skripsi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, dalam http://eprints.uny.ac.id, diakses
Desember 2021. Klotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 14, Alih bahasa Ancalla Anitawati. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip & Amstrong. Gary, 2014. Principles of Marketing 15 edition. Pearson. England.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12", Alih bahasa: Bob Sabran. Erlangga, Jakarta.
Edisi ke 15. Global Edition. Pearson.
Marketing management.
Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Erlangga, Jakarta.
Labantu. Tumbuan, Poluan, 2021. "Pengaruh Strategi Promosi, Proses, dan Inivasi Produk Terhadap Minat Beli Pelanggan Bonbon Factory manado" Jurnal EMBA, Vol. 9, No.2, Hal. 570-578.
Latief. 2018. "Pengaruh Suasana Toko, Lokasi, dan Promosi terhadap Minat Beli di Toko Roti Morning Bakery" Jurnal Manajemen dan Keuangan, Hal. 90-99,
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta Selatan.
Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.Jakarta.
Malau, H. 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta. Bandung.
Maulana, Alisha, 2020. "Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar)" Jurnal Inovasi Bisnis 8, Hal.86-91.
Milansari, Silmi, Vhegi, Supriadi. 2021. "Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Sweetin" Inovasi Manajemen dan Kebijakan Public, Vol. 4, No. 1.
Nurhidayah, Rahmidani, Sofyan. 2018. "Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Cimory di Kota Padang" Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 4, Hal. 967-976.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfiana Dwi Astuti , Didik Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.