Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i1.60Keywords:
e-commerce, penjualan, keputusan pembelian.Abstract
Aplikasi e-commerce banyak diminati di era sekarang. Dikarenakan mampu memberikan kemudahan akses berbelanja.Salah satu aplikasi yang saat ini diminati adalah shopee. Shopee sendiri meruapakan aplikasi bisnis yang mempertemukan pembeli dengan penjual secara online dengan bantuan media elektronik. Peneliti pada kasus ini mencari hubungan Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee. Dimana responden terpilih sebanyak 19 orang yang meruapakan mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Universitas Wiraraja.Hasil yang didapat adalah secara bersama ke-3 variabel berpengaruh nyata. Sedangkan secara terpisah hanya variable promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian.
References
Agustina, N. A., & Wijayanti, B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Roti Aloha Perumahan Gunung Kidul Kabupaten Jember) 2528-0570. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.3 No.2(2), 186–196.
Ardyanto, Denni. “Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online”.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 22 No. 012015: 02.
Barnes, M. Alyssa. (2009) Effective inclusion practices. Electronic journal for inclusive education Vol. 2, No. 4 (Spring/Summer 2009) Article 3.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Principles Of Marketing (Fourteenth). British Library.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Marketing Management, Thirteenth Edition) (A. Maulana & W. Hardani (eds.); XIII). Penerbit Erlangga
P.D.,Rahayu, dan Djawoto.”Pengaruh Kemudahan Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia”.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 6 No. 10 1995: 1-20.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (Consumen Behavior) (VII). PT. Indeks.
Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (N. Bhalla & L. Albelli (eds.); Twelfth Ed). Pearson.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatiff Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (V). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Wardoyo dan Andini L. “Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 19 No. 1 2017: 12-26
. Wong, Jony, 2010, Internet Marketing for Beginners, Elex Media Komputindo, Jakarta
https://supplychainindonesia.com/industri-e-commerce-indonesia-tahun-2020-akan-semakin-melesat/, diakses pada 25 Januari 2023, pada pukul 21.00 WIB.
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3265367/jurus-jitu-shopee-jadi-peringkat-pertama-di-indonesia, diakses pada 25 Januari 2023, pada pukul 21.20 WIB.
Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.
Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.
Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.