Implentasi Akad Qard Dalam Kaitannya Dengan Sifat Ta’awun ProHajj Pada Bank Muamalat KCP Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i1.66Keywords:
Akad Qard{, Ta’awun, ProHajjAbstract
Dalam perbankan Syariah terdapat kegiatan usaha, diantaranya penyaluran dana melalui prinsip pinjam meminjam yang disebut dengan akad qard{. Akad qard{ merupakan akad pinjaman antara dua pihak, dimana pihak pertama meminjamkan harta kepada pihak kedua sebagai pinjaman uang tanpa mengharapkan imbalan atas peminjaman tersebut. Akad ini dapat membantu nasabah untuk menggunakan produk Prohajj. Sifat ta’awun yang ditunjukan dalam dalam program Prohajj ini sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini bagaimana sifat ta’awun yang terlihat dalam implementasi akad qard{ dalam prohajj, yang dijabarkan dalam dua tujuan yaitu, pertama untuk mengetahui bagaimana implementasi akad qard{ dalam kaitannya dengan sifat ta’awun Prohajj dan yang kedua untuk mengetahui faktor mempengaruhi nasabah menggunakan prohajj pada Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep. Untuk mengetahui lebih dalam maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan memakai wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi akad qard{ dalam kaitannya dengan sifat ta’awun Prohajj pada Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, ialah karena adanya bentuk tolong menolong antara pihak bank dan nasabah dimana pihak bank membantu nasabah untuk mendapatkan porsi haji melalui pembiayaan prohajj dan nasabah memberikan timbal balik kepada bank berupa upah pada akad waka>lah bil ujrah. Adapun faktor yang mempengaruhi nasabah menggunakan prohajj pada Bank Muamalat Indonesia KCP adanya kesadaran diri untuk melaksanakan ibadah haji dan diperkuat adanya promosi prohajj yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang bisa diporsikan bersama keluarga sehingga nasabah tertarik menggunakan produk prohajj.
References
Abdussamad, S.I.K., M.Si, Dr. H. Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar, 2021.
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. 1. Makasar: CV. syakir Media Press, 2021.
Afandi, Setiya, dan STAI Binamadani. ‘Prinsip Ta’awun Dan Implementasinya Di Lembaga Asuransi Syariah’. Vol.5, no. 2 (2022)
Annisa Sukm, Febri. ‘Konsep Dan Implementasi Akad Qardhul Hasan Pada Perbankan Syariah Dan Manfaatnya’. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, vol.3, no. 2 (2019).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Astuti, Sarni. ‘Penerapan Akuntansi Pembiayaan Dana Talangan Haji Terhadap Psak 107 Pada Pt Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Makassar’ (2017)
Aulia Siagian, Yeni, dan Hasibuan Reni Ria Armayanoi. ‘Strategi Pemasaran Dan Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Produk PROHAJJ Di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan’. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), vol.2, no. 1 (2022)
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Fahryzal, Abie Reza. ‘Strategi Pemasaran Produk Dana Talangan Haji Dalam Meningkatkan Calon Jamaah Haji Di Bprs Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung’ (N.D.)
Galuh Wiiditya Qomaro dan Armayza Oktarasi. Manifestasi Konsep Ta’awun Dalam Zaakwaarneming Perspektif Hukum Perikatan. Et-Tirajie 5, 2018.
Hasyim, Yusuf. Akidah Akhlak MTs Kelas VIII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.
Hidayati, Nurul, dan Agus Sarono. ‘Pelaksanaan Akad Qardh Sebagai Akad Tabbaru.Pdf’. NOTARIUS, vol.12, no. 2 (2019).
Kermawan, Haris. ‘Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember’. Desember 2015, vol.Vol. 1 No. 2 (2015).
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Cet Ke-10. Jakarta: Prehalindo, 2000.
Koyan, Prof. Dr. I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif. ACADEMIA, n.d.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 26th ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.
Nugroho, dan J. Setiadi. Perilaku Konsumen. Cet-Ke 5. Jakarta: Kencana Prenada Meida Group, 2013.
Ranto, Adi. Metodologi Penelitian Sosial Dan Hukum. Jakarta: Granit, 2004.
Siagian, Yeni Aulia, dan Reni Ria Armayani Hasibuan. ‘Strategi Pemasaran dan Upaya Menarik Minat Nasabah pada Produk PROHAJJ di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan’ (n.d.): 13.
Sudarsono, Heri. Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi Dan Ilustrasi. 2nd ed. Yogyakarta: Ekonosia, 2003.
Sugiono, Prof. Dr. Metode Penelitian Pendidikan. Cet Ke-25. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2018.
Syafi’I Antonio, Muhammad. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Tho’in, Muhammad, dan Iin Emy Prastiwi. ‘Analisis Dana Talangan Haji Berdasarkan Fatwa NO.29 / DSN-MUI / VI / 2002 (Studi Kasus Pada BPRS Dana Mulia Surakarta)’. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol.2, no. 01 (30 March 2016). Diakses 9 July 2022. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/62.
‘Akidah Akhlak_MTs_KELAS_VIII_KSKK_2020.Pdf’, n.d.
Al-Quran Dan Terjemah Mushaf Al-Kamil, n.d.
‘Https://Www.Cimbniaga.Co.Id/Id/Inspirasi/Perencanaan/Pengertian-Tentang-Bank-Syariah-Dan-Istilah-Di-Dalamnya’, n.d.
‘Https://Www.Ojk.Go.Id/Files/Regulasi/Ojk/Se-Ojk-Se-Dk/Se-Ojk/13papsibprs6.1akadpinjamanqardhpinjamanyangdiberikan(67-69).Pdf’, n.d.
‘Pengertian Informan’. Https://www.sosial79.com/2020/12/pengertian-informan-dan-syaratnya.html. Https://Www.Sosial79.Com/2020/12/Pengertian-Informan-Dan-Syaratnya.Html, 12 July 2022.
‘Proses Pelaksanaan Akad Qardh Wal Ijarah Pada Produk Talangan Haji Pada Bank Syariah Mandiri KCP Padang Panjang’, n.d.
‘UU_No_21_Tahun_2008_Perbankan_Syariah.Pdf’, n.d.
https://www.bankmuamalat.co.id/index.php/profil-bank muamalat#:~:text=Bank%20Muamalat&text=Perseroan%20merupakan%20bank%20pertama%20di,SH%2C%20Notaris%2C%20di%20Jakarta