Pemanfaatan Sistem Poin dalam Aplikasi Mobile untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengurangan Dampak Food Waste

Authors

  • Rahmat Taufik R.L Bau Universitas Negeri Gorontalo
  • Hermila A. Universitas Negeri Gorontalo
  • Alwi Arridha B Kasim Universitas Negeri Gorontalo
  • Andre Leonardi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54066/jpsi.v2i1.1620

Keywords:

Aplikasi ponsel, Gamifikasi, Pendekatan design thinking, Pengurangan limbah makanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang prototipe aplikasi mobile dengan sistem poin sebagai insentif untuk mengurangi dampak food waste. Latar belakang penelitian menggarisbawahi tingginya pemborosan makanan dan mengidentifikasi potensi solusi berkelanjutan melalui teknologi informasi. Metode perancangan menggunakan pendekatan Design Thinking dengan langkah-langkah pemahaman, penentuan masalah, ideasi, perancangan, dan pengujian. Prototipe aplikasi melibatkan sistem poin dengan mekanisme pelevelan, antarmuka donasi berbasis tipe makanan, transparansi histori donasi, dan laman penukaran poin yang informatif. Hasil uji blackbox menunjukkan kesuksesan prototipe tanpa masalah signifikan. Implikasi penelitian ini adalah potensi aplikasi sebagai alat efektif dalam memotivasi partisipasi masyarakat, dengan fokus pada insentif, transparansi, dan pengalaman pengguna yang menarik. Aplikasi diharapkan dapat membangun kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap isu global food waste.

References

agroFarm.co.id. (2023). Strategi Pemerintah Tangani Food Loss and Food Waste di Indonesia – Agrofarm. Retrieved February 6, 2024, from https://www.agrofarm.co.id/2023/07/strategi-pemerintah-tangani-food-loss-and-waste-di-indonesia/

Anisah, L., & Dewi, H. K. (2023). Potensi Kerugian dari Food Loss dan Food Waste di Indonesia Capai Rp 551 Triliun. Retrieved February 6, 2024, from https://nasional.kontan.co.id/news/potensi-kerugian-dari-food-loss-dan-food-waste-di-indonesia-capai-rp-551-triliun

Avicenna, F., & Syauki, W. R. (2023). TURNING THE TIDE ON INDONESIA’S FOOD WASTE CRISIS: A GENERATION Z-LED MOVEMENT. Wisesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.21776/ub.wisesa.2023.02.2.1

Azhar, A. A., Hadiwijoyo, S. S., & Nau, N. U. W. (2023). PERAN MULTI-AKTOR DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL MELALUI PENGELOLAAN FOOD LOSS AND WASTE DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(04), 56–74. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.752

Azhari, A. (2023). Pengelolaan Proyek Agile Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek TI (Other, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Retrieved from https://repository.its.ac.id/101017/

Cahyani, F. A., Wulandari, P., & Putri, N. A. (2022). Food waste management regulation in Indonesia to achieve sustainable development goals. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 978(1), 012022. https://doi.org/10.1088/1755-1315/978/1/012022

Claretta, D., Pandya, T., Moeksim, T. P., & Rachmah, J. N. (2023). Peran Program Food Rescue Organisasi Garda Pangan dalam Meningkatkan Food Waste Awareness. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 528–533. https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1303

dev@whello.id. (2021, May 1). Apa Perbedaan Food Loss dan Food Waste? Retrieved February 6, 2024, from Zero Waste Indonesia website: https://zerowaste.id/zerowaste/perbedaan-food-loss-dan-food-waste/

disketapang. (2022). PENTINGNYA MEMAHAMI FOOD LOSS AND WASTE - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten. Retrieved February 6, 2024, from https://disketapang.bantenprov.go.id/berita/pentingnya-memahami-food-loss-and-waste

FAO. (2023). Seeking end to loss and waste of food along production chain. Retrieved February 6, 2024, from Food and Agriculture Organization of the United Nations website: http://www.fao.org/in-action/seeking-end-to-loss-and-waste-of-food-along-production-chain/en/

Lutfina, E., Setiawan, R. O. C., Nugroho, A., & Abdillah, M. Z. (2023). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP GAMIFIKASI: Systematic Literature Review. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol7No1.pp78-87

Pristiandaru, D. L. (2023). Indonesia Peringkat 4 Food Waste Terbanyak di Dunia. Retrieved February 6, 2024, from KOMPAS.com website: https://lestari.kompas.com/read/2023/05/16/190000086/indonesia-peringkat-4-food-waste-terbanyak-di-dunia

Rizkinaswara, L. (2021, July 15). Akselerasi Transformasi Digital dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Retrieved February 28, 2023, from Ditjen Aptika website: https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/akselerasi-transformasi-digital-dalam-roadmap-digital-indonesia-2021-2024/

Sukmadewi, N., & Arnomo, S. A. (2023). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI PADA SMK 2 TRIPLE J BOGOR. Computer Based Information System Journal, 11(2), 28–35. https://doi.org/10.33884/cbis.v11i2.7573

Susilo, D., Leon, M. V. de, Putranto, T. D., & Hartati, F. K. (2021). Food waste handling perception in Indonesia: Communicating the sustainability of Food and environment. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 892(1), 012109. https://doi.org/10.1088/1755-1315/892/1/012109

Swamilaksita, P. D., H, H., Suryani, F., Sa’pang, M., & Kusumaningtiar, D. A. (2023). Sosialisasi untuk Mengurangi Food Waste Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Parung Panjang Kabupaten Bogor. Idea Pengabdian Masyarakat, 3(02), 39–43. https://doi.org/10.53690/ipm.v3i022023.193

universaleco.id. (1970, January 1). Limbah Industri Pangan—Apa itu, Contoh, Dampak, dan Pengelolaannya. Retrieved February 6, 2024, from Universal Eco website: https://www.universaleco.id/blog/detail/limbah-pangan/20

Yulian. (2023). Tren Gamifikasi Untuk Menarik Perhatian Siswa. Retrieved February 6, 2024, from https://btkp-diy.or.id/artikel/tren-gamifikasi-untuk-menarik-perhatian-siswa-

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Bau, R. T. R., A., H., Kasim, A. A. B., & Leonardi, A. (2024). Pemanfaatan Sistem Poin dalam Aplikasi Mobile untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengurangan Dampak Food Waste. JURNAL PENELITIAN SISTEM INFORMASI (JPSI), 2(1), 205–219. https://doi.org/10.54066/jpsi.v2i1.1620