Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII Mts Al-Mujtahid
DOI:
https://doi.org/10.54066/jptis-itb.v1i1.207Keywords:
Media pembelajaran, Android, Teknologi Informasi dan Komunikasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan App Inventor pada mata pelajaran Informatika yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development dengan rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu subjek pengembangan adalah terdiri dari validator media dan validator materi. Sedangkan subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII MTs Al-Mujtahid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik komunikasi langsung, kuesioner, dan teknik dokumentasi, dengan alat pengumpul data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, angket, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian dieroleh bahwa (1) tingkat kevalidan dengan kategori “Sangat Valid” dengan kevalidan ahli media sebesar 84% dan kevalidan ahli materi mencapai 88%, (2) Tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis sebesar 83%. (3) Tingkat keefektifan diperoleh persentase sebesar 81% termasuk kategori “Sangat Efektif”. Sehingga media pembelajaran berbasis android layak digunakan sebagai tes instrumen.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edwin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android App Inventor Untuk Menghafal Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Skripsi. IKIP PGRI PONTIANAK.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Administrasi Server: Jurnal Elinvo, 2(2).
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, 8 (2), 160-169.
Mulyastuti, I. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purwodadi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisAndroid dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi: Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2), 79–83.
Rochmad. (2012). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2022). Metode Penelitian & Pengembangan research and Development. Bandung: Alfabeta.