Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Indihome Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Telkom Witel Magelang

Authors

  • Ira Irmawati Universitas Tidar
  • Budi Rahardjo Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.162

Keywords:

kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan

Abstract

Perkembangan zaman memberikan pengaruh terhadap peningkatan kebutuhan manusia dalam berbagai aspek, salah satunya kebutuhan manusia pada bidang teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perusahaan industri pada upaya pemenuhan kebutuhan pelanggan, agar perusahaan lebih unggul dengan pesaing dan menguasai pasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan produk IndiHome PT.Telkom Witel Magelang.  Kuantitatif metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan memanfaatkan data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada responden konsumen produk IndiHome PT.Telkom Witel Magelang. Sampel yang digunakan adalah 100 responden berdasarkan purposive sampling metode. Metode analisis data yaitu statistik deskriptif, koefisien determinasi, koefisien korelasi, uji signifikan F, dan uji signifikan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasilnya berimplikasi pada upaya PT.Telkom Witel Magelang meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan bagi produk yang ditawarkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diki, Darna, N., & Suhendy, R. M. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Suatu Studi pada PT Telkom Kandatel Banjar). Business Management and Enterpremeirship Journal, 2(September), 152–168.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Kukuh Familiar, I. M. (2015). Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.

Lesmana, R. (2017). PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT . RADEKATAMA PIRANTI NUSA Berikut ini data penjualan PT . Radekatama Piranti Nusa Tahun 2013 dibawah ini : Data Jumlah penjualan Jumlah Keluhan Pelanggan Tahun 2013- 2017 Jenis Keluhan / Complaint Tahun Ketepata. 2(2), 115–129.

Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274–282.

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Nainggolan, R. (2020). Pengaruh Product dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Kukki Deli Dengan Pemasaran Online Sebagai Variabel Mediasi. Management and Sustainable Development Journal, 2(2), 87–98. https://doi.org/10.46229/msdj.v2i2.189

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ). 26(01), 105–122.

Wibowo, H. A., & Hirawati, H. (2022). Analisis Kinerja Tenaga Penjualan Berdasarkan Gender Pada Pt. Telkom Indonesia Witel Magelang. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i2.117

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Ira Irmawati, & Budi Rahardjo. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Indihome Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Telkom Witel Magelang. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 71–79. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.162