Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-oleh Khas Jambi)

Authors

  • Muhammad Novaldi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsa Arsa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.165

Keywords:

Product Quality, Promotion, Purchase Decision

Abstract

This study aims to determine the influence of product quality and promotion on the decision to purchase at MSMEs by Pak Dj Khas Jambi. As the goal is to find out the quality of products and promotion of the decision to purchase by Mr. Dj Typical Jambi. The research method used in this study uses descriptive quantitative methods and the data analysis method uses t-test, f-test, R Square test, Multiple Linear Regression. The sample in this study were 85 respondents who were taken from some of the people in the city of Jambi. The results of this study indicate that product quality (X1) has a significant influence on purchasing decisions. Promotion (X2) is also very significant on purchasing decisions. Based on the F Test the of Product Quality (X1) and Promotion (X2) simultaneously have the same on Purchase Decisions (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran:

Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama R.I Semarang: CV aneka Ilmu Semarang, 2001.

Buku:

Agustin Hamdi. Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017.

Bungin Burhan. Metode Penelitian Sosial Dan Ekonomi. Jakarta: Kencana, 20133.

Daryanto. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Sejahtera, 2013.

Firtiana Sitorus Onny, dan Utami Novelia. Buku Ajar Strategi Pemasaran. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, 2017.

Gitosudarno Indriyo. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE, 2017.

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, (Yogyakarta: Universitas Diponegoro, 2018)

Huda Nurul, Hudori Khamim, Fahlevi Rizal, Badrussa’diyah, Dea Mazaya, dan Dian Sugiarti. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2017.

Hariwijaya. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal Dan Skripsi – Landasan Teori, Hipotesis, Amalisis Statistik, Pedoman Teknik, Bahasa Ilmiah Pendadaran Dan Yudisium. Yogyakarta: Tugu Pyblisher, 2020.

H. Alma Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit CV Alfabeta, 2004.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Kotler dan keller.2009 Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler dan amstrong, 2001 Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi kedua belas Jilid 1: Jakarta Erlangga.

Machali Imam. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2015.

Nirmala Dyah Janie Arum. Statistik Deskriptif dan Regresi Linear Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press, 2012.

Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama, 2008.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran (Surakarta: PT Pabelan, 2000).

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2011.

Suyonto Danang. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Service), 2014.

Swastha Basu, dan Sukotjo Ibnu. Pengantar Bisnis Modern Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty, 2007.

Susanto Edi. Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LKiS, 2007.

Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta liberty, 2008.

Saladin Djaslim, Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya, 2006

Tjiptono, Fandi dan Chandra, Gregerius, 2017, Pemasaran Strategik Yogyakarta; CV. Andi Offset,

Widyastuti Sri. Manajemen Komunikasi Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-UP Press, 2017.

Zainurossalamia Saida. Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat: FP. Aswaja, 2020.

———. Metode Penelitian Kombinasi: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, 2011.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Skripsi, Jurnal :

Adi Lumadya. “Analisis Faktor-faktor Dalam Usaha Untuk Meningkatkan Volume Penjualan” Vol. 10 No. 1 (Desember 2007): 7.

Bekti Setiawati. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak “Dwijono” Di Desa Penanggulan Kec, Pengandon Kab. Kendal, 2006.

Berlintina Permatasari. “Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian” Vol. 3 No. 6 (2019): 1. B Permatasari - TECHNOBIZ: International Journal of …, 2019 - ejurnal.teknokrat.ac.id

Dhyto Pradana. Pengaruh Kualitas, Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi Dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sereal Sarapan Nestle Koko Krunch (Studi Kasus Pada Pembeli Nestle Koko Krunch Di Wilayah Jakarta Selatan), 2016.

Ernawati Diah. “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung” Vol. 7 No. 1 (2019): 3. R Armiaty - JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 2014 - dosen.perbanas.idV

Fajar Muhammad Fahrudin, dan Emma Yulianti. “Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya” Vol. 5 No. 1 (Oktober 2015): 3. MF Fahrudin, E Yulianti - Journal of Business and Banking, 2015 - journal.perbanas.ac.id

Ghanimata Fifyanitma, dan Kamal Mustafa. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)” Vol. 1 No. 2 (2012): 3. F Ghanimata, M Kamal - 2012 - eprints.undip.ac.id

Habibah Ummu, dan Sumiati. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura” Vol. 1 No. 1 (Maret 2016): 5.

Heryanto imam. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan” Vol.9,No.2 (Oktober 2015): 6. I Heryanto - Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e …, 2015 - jurnal.stiepas.ac.id

Intan Suti. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Esia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta), 2010.

Ilham Rahmat. (Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat), 2018.

Khasanah Imroatul dan Yuga Novian Pramujo. “Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise” Vol. 13 No. 1 (September 2011): 1. I Khasanah, NY Pamujo - Jurnal Ilmiah Aset, 2011 - widyamanggala.ac.id

Lenggang Kurnia Intan Devi. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplae Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Surabaya), 2019.

Latief Abdul. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)” Vol. 7 No.1 (Mei 2018): 1. A Latief - Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 2018 - ejurnalunsam.id

Mukti Muhammad Yusuf Dana. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar)” Vol. 2 No. 1 (2015): 2. A Amrullah, PS Siburian, S Zainurossalamia - KINERJA, 2016 - journal.feb.unmul.ac.id

Novi Antika. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sale Pisang “Tri Putra Di Desa Banyu Urip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, 2018.

Pamungkas Aji Bagas. “Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)” Vol. 10 No. 02 (2016): 2. BA Pamungkas, S Zuhroh - Jurnal komunikasi, 2016 - repository.stiedewantara.ac.id

Permatasari Berlintina. “Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian” Vol. 3 No. 6 (2019): 1. B Permatasari - TECHNOBIZ: International Journal of …, 2019 - ejurnal.teknokrat.ac.id

Solihin Dede. “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening” Vol. 4 No 1 (Juni 2020): 5. D Solihin - Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan …, 2020 - jurnalmandiri.com

Siti Nurma Rosmitha. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Internet Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung), 2017.

Suhandi, Hanafi Hafiz, dan Harsono Pramudi. “Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan” Vol. 10 No 2 (Oktober 2019): 3. S Suhandi, H Hanafiah, P Harsono - JURISMA: Jurnal Riset Bisnis …, 2020 - ojs.unikom.ac.id

Supriyadi, Wiyani Wahyu, dan K.N Indra Ginanjar. “Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang)” Vol. 4 No. 1 (Januari 2017): 3. S Supriyadi, W Wiyani… - Jurnal bisnis dan …, 2017 - jurnal.unmer.ac.id

Winarso Widi, Nursal M. Fadhli, dan Ery Teguh Prasetyo. “Analisis Strategi Penetapan Harga Produk Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Volume Penjualan” Vol. 2 No. 1 (Juni 2018): 2. W Winarso, MF Nursal… - … FOR BUSINESS AND …, 2018 - journal.uta45jakarta.ac.id

Yudhistira Vega, dan Patrikha Dwijayati Finisica. “Pengaruh Promosi Penjualan dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Kepercayaan Sebagai Mediator (Studi Pada produk Fashion Online Di Surabaya)” Vol .9 No. 2 (2021). V Yudhistira, FD Patrikha - Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn …, 2021 - ejournal.unesa.ac.id

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Muhammad Novaldi, Arsa Arsa, & Anzu Elvia Zahara. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-oleh Khas Jambi). Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 80–93. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.165