Kemudahan Penggunaan Fitur Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Authors

  • Agistia Nurbani Rajaba Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahnaf Daris Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anatasya Jelita Putri Dirgantara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitriyani Dwi Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hopid Jidan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najwa Ananda Mariana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v2i2.1814

Keywords:

E-commerce, Students, Consumptive Behavior

Abstract

The ease of use of E-commerce application features raises problems among students in the aspect of consumptive behavior. The main objective of this study is to assess the impact of using E-commerce on consumptive behavior among students in Indonesia. The method used in this research is quantitative research method. The scale in this study uses a Likert scale, which is a measurement method to measure the perceptions, attitudes, or opinions of individuals or groups about social events or phenomena. Data collection was carried out by distributing questionnaires using google forms through social media such as Whatsapp, Instagram, and Twitter. From the research data, 107 respondents were obtained from all students in Indonesia who used the E-commerce application, the majority of respondents were female with the age of 19 years. The results show that the ease of access to E-commerce affects consumptive behavior among students, especially because of the many promos and discounts that are easily obtained through the E-commerce application. In addition, this study also highlights the significant role of features such as shopping carts, promos and discounts, product searches and reviews in shaping the consumptive behavior of its users.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arohman, A. &. (2020). Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Feb Umpri (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016). Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen, 11(2), 134 -145.

Arum, D. &. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Psikologi Pengguna E-Commerce Shopee. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9).

Dewi, L. H. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan , 5(1).

Fauziah, G. N. (2022). Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 254-267.

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digitalterhadap Perilaku Konsumtifmahasiswa Feb Usu. Jurnal KomunikA, 17(2).

Fitria, E. E. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Shopeepay Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Universitas Labuhanbatu. Journal of Economics and Accounting, 3, 276-280.

Hafsyah, A. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online(E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6).

Herlina, R. (2022). Pengaruhe-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Journal of Islamic Economics, 2(1).

Hidayati, A. H. (2020). E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Edutama.

https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang. (2024). Diambil kembali dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Julita, E. B. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953-2957.

Lestari, N. R. (2022). Peran E-Lifestyle, Budaya Digital, Dan E-Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Y Dalam Bertransaksi di E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis , 7(2).

Nurjannah, N. &. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2).

Pratiwi, P. &. (2022). Perilaku Konsumtif Belanja Kuliner Melalui Online Pada Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Universitas Udayana Tahun 2022. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Agribisnis. Dipetik 20

Putri, D. A. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Fitur Spaylater Pada Aplikasi Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(3).

Rachmawat, A. (2019). Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pda Mahasiswa Di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, 1(1).

Rahima, P. &. (2022). Pengaruh Fitur ShopeePaylaterterhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS , 4(1).

Saputro, L. K. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 10(1).

Saputro, L. K. (t.thn.). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sari, E. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1.

Published

2024-05-02

How to Cite

Agistia Nurbani Rajaba, Ahnaf Daris Fadhilah, Anatasya Jelita Putri Dirgantara, Fitriyani Dwi Azzahra, Hopid Jidan, Najwa Ananda Mariana, & Rama Wijaya Abdul Rozak. (2024). Kemudahan Penggunaan Fitur Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa . Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v2i2.1814