Pengaruh Kapitalisasi Pasar, Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan
(Emiten Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023)
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v3i1.3060Keywords:
Firm Value, Leverage, Market Capitalization, ProfitabilityAbstract
This study aims to test and analyze market capitalization, profitability and leverage on firm value (property and real estate issuers on the Indonesian stock exchange for the period 2020-2023). The sampling technique used was purposive sampling method and obtained 15 issuers for 4 years, a sample of 60 issuers. The results showed that partially market capitalization has a positive and significant effect on firm value and profitability and leverage variables have no significant effect on firm value.
Downloads
References
Anggraini, S., & Widhiastuti, R. N. W. (2020). Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan aktivitas perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015–2018. Jurnal Kompleksitas, IX(1), 1–10. https://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/kompleksitas/article/view/16
Ardian, V., & Wahyudi, I. (2023). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan aktiva terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi corporate social responsibility. Jurnal Mahasiswa, 5(1), 212–236.
Astika, I. G., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2022). Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015–2018. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 746–757. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1138
Ayub, A. M., & Amin, M. N. (2022). Pengaruh profitabilitas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 319–330. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14353
Aziz, M. S. N. H., & Widati, L. W. (2023). Pengaruh leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur industri barang konsumsi. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 171–184. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1031
Hasan, J., & Meidiyustiani, R. (2023). Pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, umur perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017–2022). Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(4), 324–339. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i4.2056
Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan, return on equity dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Fakultas Ekonomi, 21(1), 67–75. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Hidayat, W. W., Yuniati, T., Prasetyo, E. T., & Husadha, C. (2021). Pengaruh kepemilikan manajerial, leverage dan CSR terhadap nilai perusahaan, studi kasus perusahaan jasa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 214. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i1.893
Himawan, H. M. (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2016–2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).
Irawa, F., & Suyanto, S. (2023). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap financial distress. Jurnal GeoEkonomi, 14(2), 128–140. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.283
Kristiadi, T., & Herijawati, E. (2023). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, solvabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 91–107.
Kusmiyati, & Machdar. (2023). Pengaruh kepemilikan manajerial, kualitas audit, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(1), 01–16. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.77
Kusuma, F., Indriasari, I., & Setyorini, N. (2023). Pengaruh kinerja keuangan, leverage dan kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi. Journal of Economic, Accounting and Management, 2(1), 93–103.
Lathifatussulalah, & Dalimunthe, I. P. (2022). Pengaruh kinerja keuangan, kinerja lingkungan dan kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 3494–3511.
Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer goods: Pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dimediasi oleh corporate social responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 3(2), 153. https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165
Nurwahyuni, Mas’ud, M., Alam, S., & Djamareng, A. (2023). Pengaruh profitability, growth opportunities dan leverage terhadap nilai perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Management Science (JMAS), 4(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.52103/jms.v4i1.49
Pramesti, A., & Machdar, N. M. (2023). Pengaruh kapitalisasi pasar, kebijakan dividen dan kebijakan hutang terhadap tingkat pengembalian saham yang dimoderasi profitabilitas. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 01–10. https://doi.org/10.55606/optimal.v4i1.2530
Rivandi, M., & Petra, B. A. (2022). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2571–2580.
Rusdiana, D., Azib, & Bayuni, E. M. (2017). Pengaruh kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan metode Tobin’s Q (studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2012–2015). Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba (SPeSIA), 3(2), 522–528.
Sari, M. R. P. A., & Handayani, N. (2016). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan transportasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9), 1–18.
Sumanti, J. C., & Mangantar, M. (2015). Analisis kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Kebijakan Jurnal EMBA, 3(1), 1141–1151.
Suwandi, Lutfi, M. A., Mahendra, P. T., & Yunifah, I. (2023). Analisis frekuensi perdagangan, volume perdagangan dan kapitalisasi pasar terhadap return saham pada perusahaan perbankan BUMN terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Mutiara Madani, 11(1), 43–51. https://doi.org/10.59330/ojsmadani.v11i1.149
Vianti, M., Zakaria, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan properti dan real estate. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Aditing, 4, 1–18.
Wahyuningsih, S., & Mukti, A. H. (2023). Pengaruh manajemen laba terhadap nilai perusahaan dengan variabel pemoderasi pengungkapan tata kelola perusahaan. Eksos, 19(1), 1–16. https://doi.org/10.31573/eksos.v19i1.512
Wardani, A., & Rahayu, Y. (2023). Pengaruh good corporate governance, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(05), 73–95.
Widianingsih, D., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Revenue, 01(02), 159–163. https://doi.org/10.51903/kompak.v16i1.1063
Yohana, B. P. A. I., Kalbuana, N., & Cahyadi, C. I. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, kebijakan hutang, profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi kasus perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2020). Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(2), 58–66. https://doi.org/10.34128/jra.v4i2.79
Zurriah, R., & Sembiring, M. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan melalui praktek manajemen laba rill. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.31289/jab.v6i2.3882
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.