Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Resiko Dan Promosi, terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Di Solo Raya

Authors

  • Rizqi Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.645

Keywords:

convenience, security, risk, promotion and disconnection of use

Abstract

This study aims to determine the effect of convenience, security, promotion risks on the decision to use shopee paylater in Solo Raya. This research is a quantitative study, the population used is shopee paylater users who are in Solo Raya. Sampling in this study used purposive sampling techniques totaling 97 respondents. The data of this study were taken using a questionnaire. Meotde data analysis used validity and reliability tests, classical assumption tests and multiple linear regression tests using the spss23 program. The results of this study show that partially convenience does not have a significant effect on usage decisions, while security, risk, promotion, have a significant positive effect on usage decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater. Repository Unisma.Ac.Id.

Aisah, S., Asiyah, S., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan PembelianPada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater. E-Jurnal Riset Manajemen, 2020, 52–60. www.fe.unisma.ac.id

Annur, C. mutia. (2022). Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini- situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121

Ayuningtyas, N. (2021). Viral Wanita Curhat Dapat Tagihan Paylater Capai Rp 17 Juta, Ini Fakta Sebenarnya. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/4603715/viral-wanita-curhat-dapat-tagihan-paylater- capai-rp-17-juta-ini-fakta-sebenarnya

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Tokopedia (Vol. 21, Issue 1) [skripsi,UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONALVETERAN YOGYAKA]. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Ciptowening, A. K., Dewi, R. S., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 762–771. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29784

F.Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Khalifah Mediatama.

Febriana, H., & Budhiarjo, I. S. (2020). Pengaruh Promosi Go-pay Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 192–198. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.142

Gunawan. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&s ource=gbs_atb#v=onepage&q&f=falseHardi, V. (2021).

Pengaruh Kinerja Layanan dan Promosi Ovo Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital Ovo ( Survey Pada Masyarakat Surabaya ). Commercium,03(3), 180–191.

Iisnawati, Nailis, W., & Yunita, D. (2021). Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen dalam Menggunakan E-Wallet Non Bank di Palembang. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 18(2), 18–30.

Iliyin, A., & Widiartanto. (2020). Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pt Visionet Data Internasional ( Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta ). Jurnal FISIP, Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman.

Edisi Keenam. Cetakan kedua.Yogyakarta.BPFE.

Mahdi, m ivan. (2022). 8 Paylater dengan Pengguna Terbanyak, Siapa Memimpin? Www.Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/8-paylater-dengan- pengguna-terbanyak-siapa-memimpin

Maulana, S. (2020). Kewirausahaan (Entrepreneurship) Dalam Pandangan Ilam (Hstoris- Politik Dan Ekonomi). Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/KEWIRAUSAHAAN_ENTREPRENEURSHI P_DALAM_PAN/WU4tEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Muhamad Haripin. (2022). Intelijen dan Keamanan Nasional di Indonesia Pasca-Orde Baru. Gramedia.com. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/intelijen-dan-keamanan-nasional- di-indonesia-pasca-orde-baru

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.

Silva, I. D., Yunita, A., & Rahmadoni, F. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Money dengan Pemahaman Teknologi sebagai Variabel Intervening. Journal of Economics and Business (AJEB) Vol., 1(1), 52– 66.

Suhardianto, W. Q. (2020). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) SIMBA Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi) Penggunaan Jasa Pengiriman Sistem Cash On Delivery PT Pos Indonesia Di Kabupaten Madiun. 1.

Syahputri , Iskandar, K. (2020). Analisis Pengaruh Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiwa Febi Iain Langsa 1Yulia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 683, 12–26.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Rizqi Akbar. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Resiko Dan Promosi, terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Di Solo Raya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 213–235. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.645