PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN PATI
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.93Keywords:
Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sosialisasi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian menggunakan 104 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dimana proses pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan google from kepada masyarakat ber KTP Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu uji statistik IBM SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 0,827 < ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,410 > 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,708 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kewajiban moral berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,541 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Sosialisasi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,573 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.
Downloads
References
Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, dan akuntabilitas pelayanan publik terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (Studi kasus kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 27-39.
Inas Shofia Widiyati, F. (2019). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Sosialisasi dan Sanksi terhadap Kepatuhan Penggunaan Pembayaran Pajak dengan Online System oleh Wajib Pajak Hotel dan Restoran di Daerah Kota Yogjakarta. Journal of Management & Business Vol. 1 No. 3, 1-11.
Ketut Evi Susilawati, K. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak,Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Vol. 4 No. 2.
Irianingsih, Eka. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Administrasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Kantor Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta
Rahayu, P., & Satriawan, R. A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dalam Membayar Pajak Hotel (Studi KasusPada Wajib Pajak Hotel di Kota pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 2(2), 1-14.
Siaahan, P. 2013. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah: Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tituk Diah Widajantie, D. d. (2019). Pengaruh Kesadaran Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kauss Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan). BAJ Behavioral Accounting journal, Vol. 2 No. 1.