Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Properti Pada PT.Griya Permata Kencana Jambi
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i1.1144Keywords:
Religiosity, Consumer Knowledge, Purchasing DecisionsAbstract
The demand for houses is increasing from year to year in line with the growth in population in Indonesia. Meanwhile, the availability of houses is not proportional to the large number of requests. This is one of the factors causing the very high increase in house prices. In the city of Jambi, there are already several houses that use the conventional system, namely using interest in their operational transactions, such as KPR Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI and others. Meanwhile, housing developments that use the sharia system have increased. The middle-urban community who are critical and want to implement an Islamic lifestyle one hundred percent are starting to switch, they are no longer using conventional and sharia mortgages that are sold in national banks, but instead are utilizing sharia-based mortgage facilities in sharia housing, which are not products of banking financial institutions, but from developers. This study aims to determine the effect of religiosity and consumer knowledge on purchasing decisions of sharia property at PT. Griya Permata Kencana Jambi. The subjects of this research are consumers of PT. Griya Permata Kencana Jambi. The population in this study amounted to 220 people and a sample of 69 people. And the research method used is quantitative method, this study uses primary and secondary data with multiple linear regression models.
References
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta,2014
Kotler, Philip dan Kelller, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jakarta:Erlangga, 2012
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND,Bandung: Alfabeta, 2015
Umam, Khotibul. Perbankan Syariah, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta: 2016
Sumber Jurnal dan Skripsi
Amalia, Aisyah, Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Salatiga, 2019
Ayu Pratiwi, Dhea. Skripsi: Determinan Konsumen Dalam Pembelian Rumah KPR Developer Syariah, Yogyakarta, 2018
Ayu Putri Lestari, Titin Agustin Nengsih, Neneng Sudharyati, Pengaruh Green
Product dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Kedas Beauty Masyarakat Muslim Kota Jambi, Jurnal Ekonomi, Akuntasi dan Bisnis, 2023
Lela Suryani, Titin Agustin Nengsih, Nurlia Fusfita, Pengaruh Karakteristik
Wirausaha dan Modal Usaha Terhadap Perkembangan Gerai UMKM di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi, 2023
Mila Mulya Sari, Titin Agustin Nengsih, Ahmad Syahrizal, Pengaruh Literasi
Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018-2019, JCSR, 2023
Nanda Irma Rahayu, dan Ahmad Nizam, Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening Dengan Sikap Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, Banda Aceh, 2023
Rachmawai, Ivany, Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Pengetahuan Agama Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Menabung di BRI Syariah Surabaya
Riska Inggit, Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Pelayanan, dan Pemasaran Terhadap Profitabilitas Bank Syariah dengan Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah Sebagai Variabel Intervening, Journal Of Applied Econmics and Finance, Bandung, 2022
Rizki Dwi Haryanti, Titin Agustin Nengsih, Bambang Kurniawan, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2022
Resi Dimilna, Titin Agustin Nengsih, Putri Apria Ningsih, Pengaruh Green
Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ecobag Di Indomaret, Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi, 2023
Subianto, T. Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 2007
Suci Mutiara Salsabila, Pengaruh Brand Image, Digital Marketing, dan Religiusitas Terhadap Proses Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Tangerang Selatan, Jakarta,2022
Selvi Rahmani, Moh Mukhsin, dan Muhamad Fakhrudin, Pengaruh Religiositas, Prinsip Konsumsi, dan Gaya Hidup Islami Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam: 2023
Syuhudi Haris , Muhammad. Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Tanah Kavling Pada Pt. Mamminasata Land Syariah Berbasis Website, Bandung, 2018
Syarifah Khairunnisa, Sofian Muhlisin, dan Yono, Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Halal di Kota Bogor, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, Bogor: El-Mal, 2023
Titin Agustin Nengsih,”Analisis Minat Masyarakat Terhadap Baitul Mal Watamwali Di Kota Jambi”, Statistika, Vol.13, No. 1, Mei 2013
Titin Agustin Nengsih, Muhammad Maulana Hamzah dan Anisah, Analisis Minat
Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya, Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankkan Syariah, 2021
Titin Agustin Nengsih, Fani Kurniawan, Ahmad Syukron Prasaja, Analisis
Perbandingan Keputusan Membeli di Pasar Tradisional dan Modern, IJIEB, 2021
Titin Agustin Nengsih,dkk, Statistika Deskriptif Dengan Program R, Ke 1 (PT.
Sonpedia Publishing Indonesia,2022
Welly Angga Pratama, Titin Agustin Nnegsih, Putri Apria Ningsih, Pengaruh
Green Marketing dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Beli Green Product Pada Mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2022