Faktor Penghambat Dan Pendukung Pembayaran Nontunai Menggunakan Mesin Electronic Data Capture (Edc) Pada Pt. Bumi Nyiur Swalayan Pusat

Authors

  • Arum Noer Fadhilah Universitas Tadulako
  • Husnah Husnah Universitas Tadulako
  • Risnawati Risnawati Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i2.140

Keywords:

Mesin EDC, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pembayaran nontunai menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif  dan analisis SWOT.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menjadi penghambat adalah jumlah mesin EDC tidak dapat memenuhi kebutuhan operasional , kurangnya meja kasir yang beroperasi, kurangnya ketelitian karyawan kasir dalam menyelesaikan transaksi. Faktor pendukung yang ditemukan dalam penelitaian adalah adalah efisiensi dalam menyelesaikan transaksi;  dan meminimalisir resiko penyebaran uang palsu, lebih aman dan transparan. Penelitian ini menunjukan strategi utama penunjang penggunaan mesin EDC pada BNS pusat adalah strategi SO (Strength-Weakness) dengan mendukung strategi agresif melalui strategi meningkatkan pengetahuan dan keahlian karyawan penggunaan EDC guna peningkatan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan, pengembangan metode pembayaran nontunai lainnya guna meningkatkan penjualan, mewujudkan cashless society, serta memperluas pangsa pasar.

 

 

References

Assauri, Sfjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo.

Hadi, S.S., & Siti, N. (2017). Pengaruh Jumlah Mesin Dan Volume Transaksi Mesin EDC Terhadap Fee Based Income Di Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jakarta Plaza Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(1), 197–207.

Imran, M. J., & Jasman, J. (2023). Analisis Strategi PAC (Perhitungan Area Coverage) Dalam Mengukur Daily Income Ekspansi Minimarket Retail Studi Kasus Indomaret. Owner, 7(1), 700–711. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1288

Irzain, S. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pasien dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Rumah …. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia …, 2(2), 99–107. https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei/index.php/jabei/article/view/37

Kusnedi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Hotel Di Kabupaten Sambas. Universitas Tanjungpura.

Mani, S.A, Lucyana, T. (2021). Faktor Pendorong Dan Penghambat Pembangunan Wisata Edukasi Pertanian Di Balai Benih Hortikultura Kabupaten Garut. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 973–988.

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( Qris ) Pada Mahasiswa. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, 4(1), 1–9.

Nugraha, D. (2020). Kelebihan dan Kekurangan mesin EDC. Di akses pada 21 Februari 2023 (Online) www.paper.id/PaperBlog

Nursadi, N., & L. H. A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Transaksi Pembayaran Menggunakan Mesin Electronic Data Capture (Edc) Pada Pt Matahari Department Store Lippo Plaza Buton. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMButon, 2(2), 2747–2779.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Susanto, A., Krisnawati, L., & Sutarmin. (2019). Transaksi Non Tunai Dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process ( Ahp ). Jurnal ExChall, 1(1), 1–14.

Syaifullah, M., & Listya. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Kecamatan Pontianak Kota Terhadap Penggunaan Kartu Debit Sebagai Instrumen Pembayaran Non Tunai. Al-Maslahah. IAIN Pontianak, 14(2), 197–218.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Arum Noer Fadhilah, Husnah Husnah, & Risnawati Risnawati. (2023). Faktor Penghambat Dan Pendukung Pembayaran Nontunai Menggunakan Mesin Electronic Data Capture (Edc) Pada Pt. Bumi Nyiur Swalayan Pusat. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(2), 48–60. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i2.140