Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian

Survei Rumah Makan Ramayana Solo

Authors

  • Nurfitri Oktaviani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i3.2114

Keywords:

Price, Product Quality, Service Quality, and on Purchasing Decisions

Abstract

This research is a survey of consumers of Ramayana Solo restaurants. The type of data used is quantitative data. The data source used is primary data. The population in this study were consumers who had visited the Ramayana Solo restaurant. The number of samples used in this study were 100 people. This data collection technique uses a questionnaire. This data analysis uses multiple linear regression tests, t tests, F tests, and determination coefficient tests. The t test results show that the price (X1) price has a significant effect on purchasing decisions, product quality (X2) has a significant effect on purchasing decisions and service quality (X3) has a significant effect on purchasing decisions

 

 

References

Adhiansyah, A., Sudono, A., & Rizkyanfi, M. W. (2020). The influence of marketing mix on customer purchasing decision at The Abraham and Smith Restaurant. The Journal Gastronomy Tourism, 7(2), 106–119.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Anonim. (2019). Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi Unisri.

Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 123–134.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grandhis, N. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3), 237–245.

Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G. W., & Syamsurizal, S. (2022). Analisis peran Social Media Marketing, kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pelanggan rumah makan di Jawa Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4024–4032.

Haris, D., & Welsa, H. (2018). Kualitas dan desain produk dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Bumi Aksara.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Penerbit Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran, Ed. 1. (B. Sabran, Trans.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Principles of Marketing Global Edition. Pearson Education.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 1–15.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Al Fath.

Limakrisna, N., & Julius. (2016). Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis, Ed. 2. Mitra Wacana Media.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi, M. H. (2021). Analisis faktor-faktor bauran pemasaran (4P) terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Podomoro Poigar di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2).

Manambe, H. F., Lapian, J. S., & Soegoto, A. S. (2019). Kualitas produk, harga dan servicescape pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (studi pada rumah makan Rosita Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Monitaria, A. M., & Baskoro, E. (2021). Pengaruh harga, pelayanan dan promosi online terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Gubuk Tiwul. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro.

Pertiwi, M. I., & Yulianto, S. E. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 18(1), 79–88.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis. Alfabeta.

Priyatno, D. (2014). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Mediakom.

Putra, D. D. A., & Karnadi, K. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Dapoer Boengkoh di Besuki Kabupaten Situbondo. JPM: Jurnal Purnama Media, 1(1), 1–12.

Rannu, M. R. S., Khaer, A. U., & Hidayat, A. I. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di rumah makan Soto Betawi. Nobel Management Review, 4(1), 58–67.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Andi Offset.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2017). Perilaku Konsumen. PT Indeks.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suleman, D., Febriyanto, M. T., Fadly, R., Napitupul, R. L., Safria, D., & Hasibuan, R. R. (2022). Perceptions on halal labels impact on purchase decisions with brand image as intervening variables: A consumer study of Solaria Restaurants in Jakarta. International Journal of Social and Management Studies, 3(6), 58–63.

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. UNJ Press.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran Edisi 3. Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Ed. 4. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi Offset.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (Prinsip dan Penerapan) Edisi 1. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali.

Viana, E. O., & Hartati, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada rumah makan ―Mie Gacoan‖ di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 149.

Wardana, W. (2017). Strategi Pemasaran. Budi Utama.

Warni, Z. (2021). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah makan Sri Melayu di Kota Palembang. Jurnal Manajemen UNPAL, 10(2), 1–14.

Winarno, W. W. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistik dengan Eviews. UPP SKIM YKPN.

Zainuddin, M. Z. (2021). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Kampung Bakau Kota Kendari. Sultra Journal of Economic and Business, 2(2).

Published

2024-07-03

How to Cite

Nurfitri Oktaviani, & Sumaryanto Sumaryanto. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian: Survei Rumah Makan Ramayana Solo . JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 2(3), 186–197. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i3.2114