Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Security Dan Trust Terhadap Decision To Adopt Digital Payment
Studi Kasus Pengguna Marketplace Meta Di Dki Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i3.2170Keywords:
Perceived Ease of Use, Perceived Security, Trust, Decision to Adopt Digital Payment, ShopeePay, Marketplace Meta (Facebook), DKI JakartaAbstract
This research aims to examine the factors that influence Perceived Ease of Use, Perceived Security, Trust and the Decision to adopt Digital Payment. There four variables used in this study are, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Trust and Decision to Adopt Digital Payment. This he study was conducted in the Jakarta Special Capital Region (DKI Jakarta). A quantitative research method was employed using a Likert scale for measurement, with the population being Marketplace Meta (Facebook) users aged 17-30 in DKI Jakarta. In this study, purposive sampling was utilized to obtain 260 respondents. The research analysis technique employed Structural Equation Model (SEM). The results indicate that Perceived Ease of Use and Perceived Security have a significant direct effect on Trust, and Perceived Ease of Use, Perceived Security and Trust have a significant direct effect on the Decision to Adopt Digital Payment and Perceived Ease of Use and Perceived Security have a direct effect on the Decision to Adopt Digital Payment via Trust mediation.
References
Afrizal, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan digital payment saat pandemi Covid-19 (Studi kasus pada pengguna ShopeePay di Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Andini, V. A., & Himawan, A. F. I. (2023). Pengaruh perceived ease of use, perceived security, perceived risk, dan trust terhadap minat penggunaan aplikasi Pospay. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 48-61.
Aprillia, A. N., & Rimenda, T. (2022). Pengaruh habit dan trust dalam minat menggunakan ShopeePay pada pembelanjaan online (Studi kasus pada aplikasi Shopee). In Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ (Vol. 3).
Ariapratama, I. (2021). Analisis pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap intention to reuse dimediasi oleh trust: Studi kasus pada pengguna ShopeePay di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE YKPN).
Azzahra, S., & Supriyadi, A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan e-wallet DANA sebagai sistem pembayaran (Studi kasus mahasiswa di Jakarta). In Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ (Vol. 3).
Houston, D. D. (2020). Adopsi penerimaan digital payment pada kalangan milenial. MEDIUM, 7(2), 55–67.
Manalu, I. F., Saidani, B., & Aditya, S. (2022). Pengaruh perceived security dan perceived ease of use terhadap intention to use dengan trust sebagai intervening pada penggunaan aplikasi pembayaran digital di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (JBMK), 3(1), 186-197.
Megayani, N., Sanosra, A., & Reskiputri, T. D. (2021). Pembayaran cashless dengan sistem QR code dan perceived trust terhadap kepuasan pengguna ShopeePay. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 3(1), 63-71.
Mutiara, N. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan ShopeePay (Studi pada mahasiswa pengguna ShopeePay di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Ningrum, K. N. K. Pengaruh perceived ease of use dan perceived security terhadap minat menggunakan fintech e-wallet GoPay.
Nurfarhiyatin, V. Analisis tingkat kenyamanan dan keamanan pengguna metode pembayaran cash on delivery (COD) dan ShopeePay pada mahasiswa Tadris IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Permana, G. P. L., & Damayanti, N. M. M. (2022). Adopsi digital payment. Widya Akuntansi dan Keuangan, 4(02), 173-190.
Pradiatiningtyas, D., Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2023). Adopsi pelanggan terhadap sistem pembayaran digital di destinasi wisata Yogyakarta berdasarkan perceived usefulness, trust, perceived ease of use. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(2), 193-201.
Purwinarti, T., & Mariam, I. (2022, March). Pengaruh perceived ease of use dan perceived security terhadap minat menggunakan GoPay. In Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis dan MICE (Vol. 10, No. 1, pp. 358-368).
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157-168.
Simatupang, S., Efendi, E., & Putri, D. E. (2021). Facebook Marketplace serta pengaruhnya terhadap minat beli. Jurnal Ekbis, 22(1), 28-41.
Sunarto, A. M., & Umam, M. Q. C. (2023). Pengaruh persepsi risiko dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan e-wallet (Studi pada pengguna e-wallet di Kota Surakarta) (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Wijaya, E., & Susilawati, R. (2021). Pengaruh persepsi risiko dan kepercayaan (trust) pada adopsi layanan fintech (Studi kasus pada layanan pembayaran digital GoPay). Indonesian Accounting Literacy Journal, 2(1), 202-209.
Yudhistira, A. (2023). Pengaruh persepsi kepercayaan, keamanan, manfaat, dan risiko terhadap minat penggunaan ShopeePay (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Islam Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).