Pengaruh Promosi, Kualitass Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tepung Beras Rose Brand

Studi Kasus pada Konsumen Tepung Beras Rose Brand di DKI Jakarta

Authors

  • Ghalib Al Aziz Universitas Budi Luhur
  • Kartini Istikomah Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i4.2373

Keywords:

Promotion, Product Quality, Price Perception and Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to determine the influence of promotion, product quality and price perception on purchasing decisions among consumers of Rosebrand Rice Flour in DKI Jakarta. Type of quantitative research. The population in this study is unknown. The sample used in this research was 97 respondents, with a direct to project sampling system method and using the lemeshow formula. In this research, the data was analyzed using the SPSS version 27 program and Microsoft Excel 2021. The research results showed that simultaneously promotion, product quality and price perception had a significant effect on purchasing decisions. Partially promotion has a significant effect on purchasing decisions, product quality has a significant effect on purchasing decisions, and partially price perception has a significant effect on purchasing decisions.

References

Amstrong, Gary & Philip, K. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran (Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan (ed.); I). Prenhalindo.

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Duli. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. CV Budi Utama.

Fajar Aditya, H., Kualitas Layanan, P., Penggunaan dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Habib Fajar Aditya, K., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan Penggunaan dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(1), 189–200. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/GLORY/article/view/785

Fatya, A. C., Ramadhanti, D. U., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Skintific.” SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 265–282.

Firmansyah, M. A. (2019). Dr . M . Anang Firmansyah , SE ., MM . i. June.

Fredyta Wijianti, Alfernando Marga Putra, Teddy Syahril Akbar, J. S. (2023). FPENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). 9860.

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herdiyanti, H., Anwar, M. A., Mere, K., Apriyono, T., & Suyatno, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Literature Review Manajemen Pemasaran. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 795–801. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6437

Khudriyah. (2021). Metode Penelitian dan Statistik Pendidikan (N. Saadah,). Madani.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management ((18th ed.)). Pearson Prentice Hall.

Longdong, C. N., Worang, F. G., Loindong, S. S. R., & Loindong, S. S. R. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HERBALIFE PADA NC RGTICS CERIA MANADO DIMASA PANDEMI COVID – 19 THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND PRICE ON HERBALIFE PURCHASING DECISIONS AT NC RGTIC CERIA MANADO DURING THE COVID – 19 PAN. 12(2), 75–84.

Menurut Kotler dan Armstrong dalam Gunawan. (2020). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran (G. Adisaputro (ed.)). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.

Ningrum, Lilian Mega Puri, & Eva Ratnasari. (2023). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022. Journal of Student Research, 1(1), 394–403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1067

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Putri, V. E. I., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamidi Kampung Buli Halmahera Timur. Administarsi Bisnis, 4(1), 75–80.

Rufial, I. M. &. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(3), 215–224.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Sugiyanta, Y., & Rohadi, M. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Distribusi Terhadap Penjualan Pada PT Temprina Media Grafika Bekasi. Mulia Pratama Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1–13.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.

Published

2024-08-27

How to Cite

Ghalib Al Aziz, & Kartini Istikomah. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitass Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tepung Beras Rose Brand: Studi Kasus pada Konsumen Tepung Beras Rose Brand di DKI Jakarta. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 2(4), 01–15. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i4.2373