Pengaruh Islamic Branding, Religiusitas, Kualitas Produk dan Halal Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Bella Square (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura)
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.284Keywords:
Islamic Branding, Religiusitas, Kualitas Produk, Halal Lifestyle, Keputusan PembelianAbstract
Salah satu produk hijab yang saat ini banyak digunakan adalah produk hijab bella square. Dalam melakukan suatu keputusan pembelian memiliki faktor-faktor apa saja yang menyebabkan adanya keputusan untuk membeli sebuah produk, salah satunya produk hijab bella square ini. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari islamic branding, religiusitas, kualitas produk, dan halal lifestyle terhadap keputusan pembelian produk hijab bella square. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Menggunakan metode regresi linier ganda pada SPSS V.26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel islamic branding dan religiusitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab bella square. Sedangkan variabel kualitas produk dan halal lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab bella square, sehingga secara bersamaan islamic branding, religiusitas, kualitas produk dan halal lifestyle jika bersama memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk hijab bella square
References
Ahsan Ma’ruf. (2022). Pengaruh kesadaran halal gaya hidup halal dan islamic branding terhadap keputusan pembelian di Shopee [Skripsi: UIN Walisongo Semarang].
Aldeana Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(3).
Anita Asnawi, A. (2022). Sikap Dan Persepsi Mahasiswa Di Surabaya Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1).
Bintang Ghaliyan Ibnunas, B. G., & Harjawati, T. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 1(2).
Detri Agustina, D. (2020). Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients terhadap Minat Beli Prosuk HNI-HPAI di Kota Bengkulu [Skripsi]. IAIN Bengkulu.
Hasan, A. S., & Hamdi, B. (2022). Perkembangan dan Tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 4(2).
Mayasurru Lasiyama, M. L., Siti Fatonah, Frida Ayu Badria, Ika Ristanti, Aprilia Tri Wulandari, Laelatul Afifah, Siska Viviyana, Itsna Khoiriyah, Riska Silaturrofiqoh, & Amin Nur Triana. (2022). Ekonomi dan Bisnis: Percikan Pemikiran Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo. PT. Nasya Expanding Management.
Mohammad Jauharul Arifin, M. J. (2021). Strategi Islamic Branding dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. EKSYAR : Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam (e-Journal), 8(1), Article 1.
Monika Zulfikar, M. (2020). Pengaruh Halal Lifestyle, Kelompok Referensi, dan Perilaku Tabarruj terhadap Minat Beli Kosmetik di Kota Makassar (Studi Konsumen Muslimah di Kecamatan Makassar) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Nugroho J. Setiadi, N. J. S., S. E. (2013). Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 2). Alfabeta.
Sukoso, S., Adam Wiryawan, Joni Kusnadi, & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal. Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.
Tati Handayani, T., & Muhammad Anwar Fathoni, M. A. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam (Cet 1). Deepublish.
Vika Lina Sari, V. L. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Bella Square (Studi Kasus Pada Mahasiswi Perbankan Syari’ah IAIN Kediri) [Skripsi]. IAIN Kediri.
Yasinta Kurnia Wijaya, Y. K., & Gantini, T. (2021). Penggunaan Metode Regresi Linear Berganda dalam Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada JNE Bandung). Jurnal STRATEGI - Jurnal Maranatha, 3(1), Article 1.
Yosef Tonce, Y. T. & Yoseph Darius Purnama Rangga. (2022). Minat dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi Kasus) (Cet. 1). Penerbit Adab.
Yuda Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Sains Manajemen, 6(1).