PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN SIKAP KARYAWAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS ECOMMERCE

Authors

  • Ian Arbatona Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Josua Christian Marpaung Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.433

Keywords:

: Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap Karyawan

Abstract

Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan penomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview faktor-faktor yang memengaruhi Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce, yaitu Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Sikap Karyawan, suatu studi literatur system informasi akuntansi.Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) Persepsi Kegunaan berpengaruh terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce: 2) Persepsi Kemudahan berpengaruh terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce: dan 3) Persepsi Kemudahan Dan Sikap Karyawan berpengaruh terhadap Terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce.

 

References

Deshpande, S. (2013). Faktor - Faktor yang mempengaruhi minat perilaku menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163–174. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jai/article/view/895/731

Hasan, N., Marselina, A., & Ismail, N. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsi Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E- Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Flores Ende). Jurnal Riset Ilmu Akuntansi, 1(1), 1–11.

Latief, A., Nurlina, N., Medagri, E., & Suharyanto, A. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 173. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.12608

Persepsi, D. A. N., Terhadap, K., & Saputra, A. (2022). MINAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE. 17(2), 106–114.

Rahmawati, I. D., & Nasih, M. (2022). Pengaruh Lifestyle, Computer Self Efficacy, Persepsi Manfaat, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Sia Berbasis E-Commerce. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(3), 417–435. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5258

ROHIMANA, N. H. I. (2018). (2016). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI ONLINE PADA SISTEM E-COMMERCE. 1–23.

Sainang, S., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Minat Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Menggunakan Shopeepay. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i1.6317

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko terhadap Perilaku Penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–20. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/466/411

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI PENJUALAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTED MODEL (TAM). Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Subakti, A. G. (2013). Pengaruh Motivasi, Kepuasan, dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Café X Bogor. Binus Business Review, 4(2), 596–606. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1374

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 79–93. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/694%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/694/265

Yanti, D. (2020). … Kemudahan Dan Sikap Karyawan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce (Studi Kasus: Pt …. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1678%0Ahttp://repository.stei.ac.id/1678/3/BAB II.pdf

Yolanda, A., & Widijoko, W. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce (E-commerce). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1–20. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1122

Deshpande, S. (2013). Faktor - Faktor yang mempengaruhi minat perilaku menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163–174. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jai/article/view/895/731

Hasan, N., Marselina, A., & Ismail, N. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsi Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E- Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Flores Ende). Jurnal Riset Ilmu Akuntansi, 1(1), 1–11.

Latief, A., Nurlina, N., Medagri, E., & Suharyanto, A. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 173. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.12608

Persepsi, D. A. N., Terhadap, K., & Saputra, A. (2022). MINAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE. 17(2), 106–114.

Rahmawati, I. D., & Nasih, M. (2022). Pengaruh Lifestyle, Computer Self Efficacy, Persepsi Manfaat, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Sia Berbasis E-Commerce. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(3), 417–435. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5258

ROHIMANA, N. H. I. (2018). (2016). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI ONLINE PADA SISTEM E-COMMERCE. 1–23.

Sainang, S., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Minat Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Menggunakan Shopeepay. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i1.6317

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko terhadap Perilaku Penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–20. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/466/411

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI PENJUALAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTED MODEL (TAM). Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Subakti, A. G. (2013). Pengaruh Motivasi, Kepuasan, dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Café X Bogor. Binus Business Review, 4(2), 596–606. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1374

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 79–93. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/694%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/694/265

Yanti, D. (2020). … Kemudahan Dan Sikap Karyawan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Ecommerce (Studi Kasus: Pt …. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1678%0Ahttp://repository.stei.ac.id/1678/3/BAB II.pdf

Yolanda, A., & Widijoko, W. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce (E-commerce). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1–20. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1122

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Ian Arbatona, Josua Christian Marpaung, Cris Kuntadi, & Rachmat Pramukty. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN SIKAP KARYAWAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS ECOMMERCE. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(3), 220–230. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.433