Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Semarang)

Authors

  • Pandega Ricky Andika Universitas PGRI Semarang
  • Rauly Sijabat Universitas PGRI Semarang
  • Ika Indriasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.78

Keywords:

Kualitas pelayanan, Persepsi Harga, Citra Merek

Abstract

Persaingan ojek  dipengaruhi oleh maraknya layanan ojek online. Hal ini disebabkan oleh persaingan harga dan banyaknya pilihan layanan ojek internet. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi pemilih. Pelanggan akan memilih opsi alternatif yang kepemimpinannya mencerminkan preferensi mereka. Layanan ojek online, khususnya GOJEK, harus mampu membangkitkan kepuasan klien untuk mempersiapkan skenario ini. Penelitian ini menggunakan penelitian survei sebagai metodologinya. Informasi dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner dalam penelitian survei. Dalam penelitian ini, jumlah pertanyaan dalam kuesioner penelitian sebanyak 42, sehingga jumlah sampel 5 kali jumlah pertanyaan atau sebanyak 5 x 42 210, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 210 orang. Namun berdasarkan perhitungan jumlah sampel tersebut melebihi dari batas maksimal sampel yang disyaratkan oleh Hair (1995), sehingga dalam penelitian menggunakan sampel sebanyak 200 orang.Pengujian validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0 for windows. Pengukuran validitas instrument diuji berdasarkan pada output Outer Loading dan nilai Average Variance Extracted (AVE).Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,128), persepsi harga merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,051),citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,000)1. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. H 2. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. . 3. Terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang.

References

Adhityahadi. 2015. Ngerinya Pelanggaran Privasi yang Dilakukan Go-Jek dan GrabBike Terhadap Penumpang Mereka. Artikel. Diunduh dari http://aitinesia.com/ngerinya-pelanggaran-privasi-yang-dilakukan-gojek-dan-grabbike-terhadap-penumpang-mereka/ pada tanggal 2 Februari 2017 Jam 19.00 WIB.

Amhas, Muhammad. "Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan." Jurnal Mirai Management 3.1 (2018): 136-149.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Batari, A., Bima, J., & Rahman, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), 1-12.

Darmansah, Aprillia, and Sri Yanthy Yosepha. "Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur." Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen 1.1 (2020): 15-30.

Deisy, M., Lapian, S. J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai–Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1990. Perilaku Konsumen Jilid I (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Augusty Universitas Diponegoro.

Ghozali, imam. 2021. Partial least square konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.29.

Hidayat, Ahmad. 2013. tentang “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Member PT.Melia Sehat Sejahtera di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Irfan, Andi Muhammad. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan." Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 9.2 (2019): 82-97.

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Laila, dkk (2012: 5). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Servis Bengkel AHAS 0002 Semarang Honda Center. Jurnal

Mar’ati, Nafisa Choirul. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi pada Konsumen Gojek di Surabaya). Jurnal. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Maramis, Freekley Steyfli, Jantje L. Sepang, and Agus S. Soegoto. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6.3 (2018).

Melanesia, Herlinda. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank pada Nasabah PD BPR Bank Sleman di Kabupaten Sleman). Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2).

Natalia. 2015. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Marcelio Speed Shop. Jurnal

Nistanto, Reska K. 2016. Membandingkan Tarif Uber Motor, Gojek, dan Grab Bike. Kompas Edisi 13 April 2016 diunduh dari http: //tekno.kompas.com/read/2016/04/13/10353087/Membandingkan.Tarif.UberMotor.GoJek.dan.GrabBike.

Nwaru, B. I., Mukherjee, M., Gupta, R. P., Farr, A., Heaven, M., Stoddart, A., ... & Sheikh, A. (2015). Challenges of harmonising data from UK national health surveys: a case study of attempts to estimate the UK prevalence of asthma. Journal of the Royal Society of Medicine, 108(11), 433-439.

Oktarini, R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa aplikasi gojek di Kota Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 248-257.

Retna, Dewi Wulan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Jurnal Online Mahasiswa Manajemen. Bogor: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.

Sianipar, G. J. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 183-196.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono (2014) Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6.3 (2018).

Wahyuno, Cahyo. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Hotel Anugerah Glagah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.

Walgito, Bimo. 1997. Pengatar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wirasti, D. R. (2010). Pengaruh persepsi kualitas pelayanan, persepsi kewajaran harga, dan Corporate Image terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada layanan After-Sales (Service Part) Toyota Nasmoco Solobaru.

Yesenia dan Edward H Siregar. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No 3, Desember 2014. Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Pandega Ricky Andika, Rauly Sijabat, & Ika Indriasari. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Semarang). JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(1), 17–33. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.78