Sosial Media Marketing Pada Brand Images Program Studi Bisnis Digital Politeknik Negara Bali
DOI:
https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.97Keywords:
Pemasaran Sosial Media,Citra Merek, Bisnis DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Entertainment, Interaction, Customization, Trendiness, dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) terhadap Brand Image pada Program Studi Bisnis Digital Politeknik Negeri Bali. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini adalah penelitian ini adalah 230 responden siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis kuantitatif deskriptif menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hanya variabel Interaction yang terbukti negatif dan tidak signifikan terhadap Brand Image, hal ini dapat terjadi karena nilai t-statistik dan nilai-p yang diperoleh berada di bawah 1,96 dan di atas taraf signifikansi = 0,05. Bahwa semakin baik Interaction maka semakin rendah Brand Image. Kemudian variabel Entertainment, Customization, Trendiness, dan E-WOM menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap merek. gambar. Oleh karena itu, semakin tinggi Entertainment, Customization, Trendiness, dan E-WOM maka semakin tinggi pula Brand Image pada program studi Bisnis Digital Politeknik Negeri Bali.
References
Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Strategi Kreatif dalam Pemasaran Media Sosial: Studi Eksplorasi Konten Sosial Bermerek dan Keterlibatan Konsumen. Psikologi & Pemasaran, 32(1), 15-27. https://doi.org/10.1002/mar
BİLGİN, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kesadaran Merek, Brand Image dan Loyalitas Merek. Studi Bisnis & Manajemen: Sebuah Jurnal Internasional, 6(1), 128-148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229
Brodie, RJ, Ilic, A., Juric, B., & Hollebeek, L. (2013). Keterlibatan konsumen dalam komunitas merek virtual: Analisis eksplorasi. Jurnal Penelitian Bisnis, 66(1), 105–114. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.07.029
Casidy, R. (2013). Peran orientasi merek di sektor pendidikan tinggi: paradigma yang dirasakan siswa. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 25(5), 803–820. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2013-0069
Cheung, ML, Pires, GD, Rosenberger, PJ, & De Oliveira, MJ (2021). Mengemudi COBRA: kekuatan pemasaran media sosial. Intelijen Pemasaran dan Perencanaan, 39(3), 361–376. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-0583
Cheung, ML, Pires, G., & Rosenberger, PJ (2020). Pengaruh elemen pemasaran media sosial yang dirasakan pada keterlibatan konsumen-merek dan pengetahuan merek. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262
Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, CS (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862
Das, K., Gryseels, M., Sudhir, P., & Tan, KT (2016). Membuka Peluang Digital Indonesia. McKinsey & Company, (Oktober), 1-28.
De Vries, L., Gensler, S., & Leeflang, PSH (2012). Popularitas Postingan Merek di Halaman Penggemar Merek: Investigasi Pengaruh Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pemasaran Interaktif, 26 (2), 83-91. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2012.01.003
Dehghani, M., & Tumer, M. (2015). Sebuah penelitian tentang efektivitas iklan Facebook dalam meningkatkan niat beli konsumen. Komputer dalam Perilaku Manusia, 49, 597–600. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.051
Dessart, L., Veloutsou, C., & Morgan-Thomas, A. (2015). Keterlibatan konsumen dalam komunitas merek online: Perspektif media sosial. Jurnal Manajemen Produk dan Merek, 24(1), 28–42. https://doi.org/10.1108/JPBM-06-2014-0635
Felix, R., Rauschnabel, PA, & Hinsch, C. (2017). Elemen pemasaran media sosial strategis: Kerangka holistik. Jurnal Penelitian Bisnis, 70, 118–126. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.05.001
Galaugher, J., & Ransbotham, S. (2010). MEDIA SOSIAL DAN PENGELOLAAN DIALOG PELANGGAN DI STARBUCKS. MIS Quarterly Executive, 9(4).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarietas SPSS 25 (Edisi ke-9). Semarang: Universitas Dipenogoro.
Rambut, JFJ, William, CB, Barry, JB, & Rolph, EA (2019). Analisis Data Multivariat Ed. 8. Inggris Raya : Cengage: Andover, Hampshire, Inggris Raya : Cengage, [2019] ©2019.
Hanna, R., Rohm, A., & Crittenden, VL (2011). Kita semua terhubung: Kekuatan ekosistem media sosial. Cakrawala Bisnis, 54(3), 265–273. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.007
Hemsley-Brown, J., Melewar, TC, Nguyen, B., & Wilson, EJ (2016). Menggali identitas merek, makna, citra, dan reputasi (BIMIR) di perguruan tinggi: Bagian khusus. Jurnal Penelitian Bisnis, 69(8), 3019–3022. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.01.016
Ismail, AR (2017). Pengaruh kegiatan pemasaran media sosial yang dirasakan pada loyalitas merek: Efek mediasi kesadaran merek dan nilai. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 29(1), 129–144. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2015-0154
Kaplan, AM, & Haenlein, M. (2010). Pengguna dunia, bersatu! Tantangan dan peluang Media Sosial. Cakrawala Bisnis, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Keller, KL (2013). Manajemen Merek Strategis. Dalam Manajemen Merek Berbasis Identitas. https://doi.org/10.1007/978-3-658-13561-4_3
Kim, AJ, & Ko, E. (2012). Apakah aktivitas pemasaran media sosial meningkatkan ekuitas pelanggan? Sebuah studi empiris merek fashion mewah. J. Bis. Res., 65(10), 1480–1486.
Kim, Angella J., & Ko, E. (2012). Apakah aktivitas pemasaran media sosial meningkatkan ekuitas pelanggan? Sebuah studi empiris merek fashion mewah. Jurnal Penelitian Bisnis, 65 (10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014
Ko, E., & Megehee, CM (2012). Pemasaran mode merek mewah: Isu dan kontribusi penelitian terbaru. Jurnal Penelitian Bisnis, 65(10), 1395–1398. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.004
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 17 (Edisi ke-17). New York: © Pearson Education Limited 2018.
Kudeshia, C., & Kumar, A. (2017). eWOM Sosial: Apakah Mempengaruhi Sikap Merek dan Niat Membeli Merek? Tinjauan Riset Manajemen, 36(7), 700–719.
Liu, C., & Arnett, KP (2000). Menjelajahi faktor-faktor yang terkait dengan keberhasilan situs Web dalam konteks perdagangan elektronik. Informasi dan Manajemen, 38(1), 23–33. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(00)00049-5
Madhalena, E., & Syahputra. (2016). Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image Rokok Djarum Super Mild Pt Djarum. Ecodemica, 4(2), 179–188.
Mangold, WG, & Kesalahan, DJ (2009). Media sosial: Elemen hibrida baru dari bauran promosi. Cakrawala Bisnis, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
Manthiou, A., Lee, S. (Ally), Tang, L. (Rebecca), & Chiang, L. (2014). Pendekatan ekonomi pengalaman untuk pemasaran festival: Memori yang jelas dan loyalitas peserta. Jurnal Pemasaran Jasa, 28(1), 22–35. https://doi.org/10.1108/JSM-06-2012-0105
Merrilees, B. (2016). Jalur pengalaman merek interaktif menuju keterlibatan merek pelanggan dan penciptaan nilai bersama. Jurnal Manajemen Produk dan Merek, 25(5), 402–408. https://doi.org/10.1108/JPBM-04-2016-1151
Muntinga, DG, Moorman, M., & Smit, EG (2011). Memperkenalkan COBRA. Jurnal Periklanan Internasional, 30(1), 13–46. https://doi.org/10.2501/ija-30-1-013-046
Panda, S., Pandey, SC, Bennett, A., & Tian, X. (2019). Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan. Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan, 32(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJEM-12-2017-0374
Preshaw, PM, & Taylor, JJ (2011). Bagaimana penelitian tentang Interaction sitokin dan perannya dalam mendorong respons imun memengaruhi pemahaman kita tentang periodontitis? Jurnal Periodontologi Klinis, 38 (SUPPL. 11), 60-84. https://doi.org/10.1111/j.1600-051X.2010.01671.x
Rahman, R., Sakti, AW, Widya, RN, & Sukabumi, SK (2019). Literasi Pendidikan Dasar di Era. 257 (Icollite 2018), 190–193.
Ramadhani, HS, Dharmoputra, S., & Telkom, U. (2019). PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND AWARENESS , BRAND IMAGE , DAN BRAND LOYALTY ( STUDI KASUS : FOLLOWERS PADA INSTAGRAM LAZADA .CO .ID ) PENGARUH AKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING LAZADA . CO . PENGENAL. 6(2), 2311–2320.
Rohm, A., Kaltcheva, VD, & Milne, GR (2013). Pendekatan metode campuran untuk memeriksa Interaction merek-konsumen yang didorong oleh media sosial. Jurnal Penelitian Pemasaran Interaktif, 7(4), 295–311. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2013-0009
Sanny, L., Arina, AN, Maulidya, RT, & Pertiwi, RP (2020). Niat beli perawatan kulit pria Indonesia melalui pemasaran media sosial berpengaruh terhadap Brand Image dan kepercayaan merek. Ilmu Manajemen Surat, 10, 2139-2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023
Saputra, WWE, & Darma, GS (2022). Niat Penggunaan Blockchain di Indonesia Menggunakan Extended Approach Technology Acceptance Model (TAM). 16(1), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/commit.v16i1.7609
Sari, AA (2018). Pengaruh Kualitas Brand Image terhadap Harapan dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Dosen Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal The Messenger, 10(1), 93. https://doi.org/10.26623/themessenger.v10i1.417
Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2016). Pengaruh komunikasi media sosial pada persepsi konsumen terhadap merek. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 22(2), 189–214. https://doi.org/10.1080/13527266.2013.871323
Schulze, C., Schöler, L., & Skiera, B. (2015). Menyesuaikan pemasaran media sosial. Tinjauan Manajemen Pinjaman MIT, 56(2), 8–10.
Sehar, R., Ashraf, S., & Azam, F. (2019). Pengaruh Upaya Pemasaran Media Sosial Terhadap Ekuitas Merek dan Respon Konsumen. Jurnal IUP Manajemen Pemasaran, 18(2).
Seo, EJ, & Park, JW (2018). Sebuah studi tentang pengaruh kegiatan pemasaran media sosial pada ekuitas merek dan respon pelanggan di industri penerbangan. Jurnal Manajemen Transportasi Udara, 66 (September 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, PD metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. (2016).
Sumardi; Ganawat; (2021). Peran Elemen Pemasaran Media Sosial , Keterlibatan Merek Konsumen Sebagai Stimulus Terhadap Loyalitas Merek. Bisnis, Media Riset Trisakti, Bisnis Universitas, 21(1), 25–42.
wu, PC s., & Wang, YC (2011). Pengaruh daya tarik pesan elektronik dari mulut ke mulut dan kredibilitas sumber pesan terhadap sikap merek. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 23(4), 448–472. https://doi.org/10.1108/13555851111165020