Tingginya Angka Kriminalitas Akibat Terkikisnya Nilai Moral Generasi Penerus Bangsa

Authors

  • Fadly Mulyana Akbar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wati Rohmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wilda Rahayu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i2.1373

Keywords:

Crime, Morals, Teenagers

Abstract

High crime rates can have a negative impact on society's moral values. Crime can create insecurity, distrust and worry in society, which can undermine moral values. Apart from that, crime can also create damaging social norms. However, it is important to remember that the relationship between crime and moral values ​​is complex, and many other factors also play a role in shaping a society's moral values. This research uses a qualitative approach, namely natural, reasonable and what is, while the method used is descriptive analysis. Based on the research results, it can be concluded that there is a need for solutions to overcome increasingly high levels of criminality from various domains, especially from the legal and educational domains to improve moral values ​​and maintain healthy social integrity.

References

Artikel Jurnal

Darmiyati, Tri. Pengaruh Globalisasi terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=7124

Edi Subkhan, mahasiswa Program Pascasarjana, S2 Universitas Negeri Jakarta dalam http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/23/mari-membangun-karakter-bangsa-melalui-olah-pikir-olah-hati-olah-raga-olah-rasa-dan-karsa/

Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.

Hamid, M, (2008). Peran serta Guru Profesional dalam Turut Membentuk karakter bangsa Melalui Jalur Pendidikan Nonformal dan Informal. Jakarta: disajikan dalam Seminar nasional

Wardoyo, Cipto.2007. Urgensi Pendidikan Moral pada (http://www.nu.or.id)

Wardani. 2008. Pendidikan sebagai Wahana Pembentukan Karakter Bangsa. Jakarta: disajikan dalam Seminar nasional

Aini, N., & Ruslan, R., & Ely, R. (2016). Penanaman nilai-nilai moral pada siswa di sd negeri lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar,1(1).

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’alum, Vol 03, no 01

Fahrudin. (2014). Proses pendidikan nilai moral di Lingkungan Keluarga sebagai Upaya mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam- ta’lim. Vol 12 No1.

Mutiani, M. (2018). Literasi Budaya Lokal Sebagai Wahana Edukasi di Era Milenial

Subiyakto, B., & Abbas, E,W. (2020). Strategi Pembelajaran IPS:konsep dan aplikasi

Subiyakto, B.,& Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 17(1),137-166.

Susanto, H. (2015) Cross-Indigenious Pembelajaran IPS dalam mengajarkan Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Pemahaman Kerarifan Lokal.

Syaharuddin, S., Pasani, C. F., & Mariani, N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bakumpai di SDN Batik Kabupaten Barito Kuala.

Buku Teks

KotlerAsri, B, (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta

Munir, (2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Maqdani, Anggota IKPI

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Fadly Mulyana Akbar, Wati Rohmawati, & Wilda Rahayu. (2023). Tingginya Angka Kriminalitas Akibat Terkikisnya Nilai Moral Generasi Penerus Bangsa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(2), 01–07. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i2.1373