ANALISIS MANFAAT MEDIA YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SDN 7 KESU
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.159Keywords:
Manfaat Media Youtube, Media Pembelajaran Youtube,Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat media Youtube dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDN 7 Kesu’. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru kelas V serta siswa kelas V SDN 7 Kesu’. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa manfaat media Youtube dalam proses pembelajaran yaitu membuat pemahaman peserta didik meningkat, pembelajaran lebih fleksibel dan terbiasa dengan Tren Perkembangan Teknologi.
References
Alwi, H. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran (Putra Kharisma Hamda (ed.); 1st ed.). Lakeisha (Anggota IKAPI No.181/JTE/2019).
Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mutmainnah Arham. Academia Education, 1–13.
Azizan, N; Lubis, M.A.& Mufid, M.B (2020). Pemanfaatan Media Youtube Untuk Meningatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Darul Ilmih, 08(02), 195-212.
Batubara, H.H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fikri Hasnul dan Madona Ade Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Hendrizal (ed.); 1st ed.). Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Itriani. (2019). Penggunaan Video dari Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri.
Lisatania, F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pai Dengan Menggunakan Metode Tugas Di Sdn 01 Mulyorejo Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Jurusan :Pendidikan Agama Islam Fakultas: Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 1(2), 105.
Mirrdwijayantika. 2019 Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Belajar Sinematografi Pada UKM Seni Budaya Esa UIN Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar: Program Sarjana UIN Alauddin Makassar.
Payunglangi', C.A (2021) Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 4 Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara. Skripsi. Toraja: Program, Sarjana Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Pembelajaran, M., Sd, M. I., Hamdan, P., Batubara, H., & Pd, M. I. (n.d.). Media Pembelajaran MI / SD CV Graha Edu.
Rahim, R, dkk. (2021). Metodologi Penelitian (E. Santoso (ed. ); Cetakan 1). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran Afifatu. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. e-mail: paud.ppsunj@gmail.com%0AAbstract:
Sa'odah. dkk. (2021). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). Tasikmalaya: Penerbit Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Sitikholifah, Siti Roudlotul Hikama, Haning Asbiati. (2018). Penggunaan Media Youtube Untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs SA MIFTAHUS SAADAH Sukorambi. Jurnal Pendidikan, VII (1), 435-439.
Uno, H.B. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo. Penerbit Bumi Akasara.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735