Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VII di MTs. Muhammadiyah Wuring

Authors

  • Sumardhiyati R. Syarif IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Danar Aswim IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Abdullah Muis Kasim IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1713

Keywords:

Mobile Usage, Reading Interest

Abstract

This study aims to determine how the influence of mobile phone use on students' reading interest and to determine the supporting and inhibiting factors of student reading interest on the use of grade VII students' mobile phones at MTs. Muhammadiyah Wuring. The method used in this study is using a descriptive qualitative approach. The informants in this study were the Principal (represented by Kaur kesiswaan), Homeroom Teacher, and several grade VII students at MTs. Muhammadiyah Wuring school. The results found that the effect of mobile phone use on students' reading interest was high. due to misuse of mobile phones by students.

References

Febrianto, A. (2021). Dampak penggunaan handphone dalam dunia pelajar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Agustin, J. T., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 3377-3382.

Amalia, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3), 835-842.

BANGSAWAN, I. P. R. (2018). Minat baca siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

CENDI, M. (2017). SKRIPSI “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Islam Kecamatan Bontoala Kota Makassar”.

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.

Chusna, P. A. (2017). Penangaruh Gadget dengan Perkembangan Karakter Anak. 315- 329

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada

Dianingrum, Y. (2021). Reendahnya Minat Baca Siswa Kelas IV Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa SDN Hadiwarno. (STKIP Pacitan)

DIANINGRUM, Y. (2021). PEMAHAMAN SISWA SD TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DITINJAU DARI MINAT BACA (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Fadilah, A. (2011). Pengaruh penggunaan alat komunikasi handphone (hp) terhadap aktivitas belajar siswa SMP negeri 66 Jakarta Selatan.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Heriyanto, A. P. (2016). Mobile Phone Forensics: Theory: Mobile Phone Forensics dan Security Series. Penerbit Andi.

Hidayat, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik di Perpustakaan. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(3).

Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 35-41.

Istifadah, R. (2018). Dampak penggunaan handphone terhadap perilaku peserta didik di SMA Piri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Laka, B. M. (2018). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Di Sma Yayasan Sub Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 6(2), 58-78.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Mandias, G. F. (2017). Analisis pengaruh pemanfaatan smartphone terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. Cogito Smart Journal, 3(1), 83-90.

Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Ii Fbs Unm, 203–2017.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Nur, S. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 62-81.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7 (2), 122–127.

Sari, N., & Wakijo, W. (2017). Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas vii semester genap smp negeri 2 metro tahun pelajaran 2016/2017. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Verayanti, S. (2019). Penggunaan Handphone Dalam Berkarya Poster Berbasis Fotografis Bagi Siswa Smk. Imajinasi: Jurnal Seni, 13(2), 15-26.

Wandistra, W. (2019). Dampak teknologi komunikasi terhadap moralitas remaja (Studi di Pekon Kota Agung kecamatan Kota Agung kabupaten Tanggamus) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Widodo. (2018). Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi (TI). http://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/download/11502/8673. Diakses pada tanggal 27 februari 202

Witanto, J. (2018). Minat baca yang sangat rendah. Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Yani, S. A. M., Nisa, K., & Setiawan, H. (2021). Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 136-146.

Balqis, A. F., Ananda, E. R., Wanindi, R. R., & Shofia, W. (2021). Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(3), 250-255.

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Sumardhiyati R. Syarif, Danar Aswim, & Abdullah Muis Kasim. (2024). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VII di MTs. Muhammadiyah Wuring. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(1), 385–407. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1713