Pengaruh Metode Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa

Authors

  • Nur Aisyah Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.194

Keywords:

MEA (Means Ends Analysis), Hasil Belajar Matematika

Abstract

 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa, pada tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari tiga kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini memberikan tes subjektif yang berbentuk tes uraian (essay). Data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dikumpulkan dan selanjutnya diolah serta dianalisis untuk menjawab perumusan masalah dan hipotesis pada penelitian ini. Teknik analisis data hasil penelitian ini menggunakan dua teknik statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis yang digunakan adalah pengujian hipotesis mengenai perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditarik kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa yang mengunakan metode pembelajaran means ends analysis berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor hasil belajar 60,41.Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa yang mengunakan metode ceramah dengan rata-rata skor hasil belajar 42,94. Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa yang diajarkan dengan metode pembelajaran means ends analysis lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah.

 

 

References

Arikunto, Suhemi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pandidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif . Sidoarjo: Zifatma Publising.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi pembelajaran berorientasi Estándar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Tenddi, Kt. Harto, dkk. 2014. Pengaruh metode pembelajaran Mend-Ends Analysis dengan setting belajar kelompok berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Desa Bebetin. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Journal Mimbar .

Wagijono, A. dan Suriati, F. 2008. Pegangan Matematika 1. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Zarkasyi, Wahyudi. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Nur Aisyah. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPIT Wahdah Islamiyah Gowa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 174–188. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.194

Most read articles by the same author(s)