Keefektifan Modul Pembelajaran Tematik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Meilan Tri Wuryani Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Mar’atul Faida Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Yan Imam Santoso Universitas Muhammadiyah Kendal Batang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.203

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Modul Tematik, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Modul pembelajaran tematik dilakukan dengan pembelajaran berbasis masalah untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan prototipe modul tematik pembelajaran berbasis masalah untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan prosedur penelitian Borg dan Gall dengan 10 tahap. Validasi produk diperiksa oleh satu ahli materi, satu ahli pembelajaran, satu ahli media, dan satu ahli evaluasi pembelajaran, serta dua praktisi pendidikan. Subjek utama untuk uji lapangan adalah 26 siswa dan satu guru. Rancangan penelitian yang digunakan dalam uji keefektifan modul siswa adalah sebelum-sesudah. Uji lapangan dilakukan di dua kelas, yaitu satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Hasil penelitian adalah prototipe modul pembelajaran tematik bertema ekosistem berbasis problem based learning sesuai kurikulum 2013 dan telah lulus uji kelayakan validasi ahli dan uji keefektifan melalui uji lapangan. Produk buku ajar yang dikembangkan berhasil memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Ahrari, S., Samah, B. A., Hassan, M. S. H. Bin, Wahat, N. W. A., & Zaremohzzabieh, Z. (2016). Deepening critical thinking skills through civic engagement in Malaysian higher education. Thinking Skills and Creativity, 22, 121–128. http://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.009

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Bahmani, S. (2016). Improved critical thinking in students using current events journaling. International Journal of Sociology and Social Policy, 36(3/4), 190–202. http://doi.org/10.1108/IJSSP-04-2015-0038

Borg & Gall. (2003). Education Research. New York : Allyn and Bacon

Cargas, S., Williams, S., & Rosenberg, M. (2017). An approach to teaching critical thinking across disciplines using performance tasks with a common rubric. Thinking Skills and Creativity, 26, 24–37. http://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.05.005

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. Journal of Research & Method in Education, 3.5(5), 18–25. Daryanto, 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Gallagher, S. A., Stepien, W. J., & Rosenthal, H. (2017). The Effects Of Problem Based Learning With Cooperative Learning On Preschoolers’ Scientific Creativity Abstract. Journal of Baltic Science Educaiton, 16(1), 100–113. http://doi.org/10.1177/001698629203600405

Gingerich, A., Mader, H., & Payne, G. W. (2012). Problem-based learning tutors within medical curricula: An interprofessional analysis. Journal of Interprofessional Care, 26(1), 69–70. http://doi.org/10.3109/13561820.2011.613494

Goldstein, L. B., Burke, B. L., Getz, A., & Kennedy, P. A. (2011). Ideas in practice: Collaborative problem-based learning in intermediate algebra. Journal of Developmental Education, 35(1), 26–37.

Habimana, O., & Stambach, A. (2015). Kung Fu as critical thinking. Journal of Philosophy in Schools, 2(1), 56–70.

Hamburg, I., & Vladut, G. (2016). PBL - Problem Based Learning for Companies and Clusters. Transportation Research Procedia, 18, 419–425. http://doi.org/10.1016/j.trpro.2016.12.055

Haseli, Z. (2013). The Effect of Teaching Critical thinking on Educational Achievement and Test Anxiety among Junior High School Students in Saveh, 2(2), 168–175.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17.

Johnson, M., & Hayes, M. J. (2016). A comparison of problem-based and didactic learning pedagogies on an electronics engineering course. International Journal of Electrical Engineering Education, 53(1), 3–22. http://doi.org/10.1177/0020720915592012

KawuryanPratiwi Pujiastuti, S. P., & Ambarwati, U. (2017). Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Pratiwi. Jurnal Kependidikan, 1(2), 187–199.

E. Kosasih. (2015). Strategi Belajar Mengajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Mosher, H. R., Desrochers, M., Mosher, H. R., & Desrochers, M. (2014). Teaching sustainable development in higher education Building critical, reflective thinkers through an interdisciplinary approach. International Journal of Sustainability in Higher Education, 305-321

Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Kependidikan, 39(2), 171–182.

Nargundkar, S., Samaddar, S., & Mukhopadhyay, S. (2014). A guided problem-based learning (PBL) approach: Impact on critical thinking. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 12(2), 91–108. http://doi.org/10.1111/dsji.12030

Noprianda, M., Noor, M. F., & Zulfiana. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Virus. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Virus, Jurnal Edusains 8(2), 182–191.

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1–15.

Okubo, Y., Ishiguro, N., Suganuma, T., Nishikawa, T., Takubo, T., Kojimahara, N., … Yoshioka, T. (2016). Team-Based Learning, a Learning Strategy for Clinical Reasoning, in Students with Problem-Based Learning Tutorial Experiences. The Tohoku Journal of Experimental Medicine, 240(2), 181–181. http://doi.org/10.1620/tjem.240.181

Palennari, M. (2010). Pengaruh Pembelajaran Integrasi Problem Based Learning Dan Kooperatif Jigsaw, (2001), 36–45.

Pendidikan, J., Nilasari, E., Try Djatmika, E., & Santoso Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang Jalan Semarang, A. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (1), 1399–1404.

Putra, Pramudya Dwi Aristya, Sudarti, S. (2015). Real life video evaluation with e-learning system to improve critical thinking skills student. Jurnal Kependidikan, 45 (1), 67–89.

Rahayu, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Problem-Based Learning Di Smp. Jurnal Kependidikan, 45(1), 29–43.

Romansyah, K. (2016). Khalimi Romansyah (Universitas Swadaya Gunung Jati), XVII(2).

Rufii, R. (2015). Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students’ Independence and Performance. International Journal of Education, 7(1), p18–p28. http://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675

Rusman, 2010. Seri manajemen bermutu model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Romansyah, K. (2016). Khalimi Romansyah (Universitas Swadaya Gunung Jati), XVII(2).

Schoenberger-Orgad, M., & Spiller, D. (2014). Critical thinkers and capable practitioners. Journal of Communication Management, 18(3), 210–221. http://doi.org/10.1108/JCOM-11-2012-0085

Siew, N. M., & Mapeala, R. (2016). the Effects of Problem-Based Learning With Thinking Maps on Fifth Graders’ Science Critical Thinking. Journal of Baltic Science Education, 15(5), 602–616. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=aph&AN=119554063&site=ehost-live

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Meilan Tri Wuryani, Mar’atul Faida, & Yan Imam Santoso. (2023). Keefektifan Modul Pembelajaran Tematik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 189–201. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.203