Perencanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Betung
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.208Keywords:
Perencanaan, Penerimaan Peserta Didik Baru, Sistem ZonasiAbstract
Artikel ini berjudul Perencanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Betung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di SMA Negeri 1 Betung dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat perencanaan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di SMA Negeri 1 Betung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di SMA Negeri 1 Betung berjalan cukup baik mulai dari menetapkan target dan tujuan yang objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi, merumuskan keadaan saat ini yang objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan yang objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi, serta mengembangkan rencana yang objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi. Adapun faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia dan komunikasi. Adapun faktor penghambatnya yaitu data yang tidak memadai dan masih ada peserta didik dan orang tua yang belum paham internet.
References
Agusiyadi, B. S. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer fikri.
Fasihah, W. (2021). Kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi. Jakarta: Media Publishing.
Haidir, S. (2019). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hasan, M. (2021). Landasan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Kaffa, Z. (2021). Kebijakan Penerapan Sistem Zonasi. Pendidikan Tambusai ,Vol. 5, No. 1.
Kosboyo, N. (2021). Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi. Manajer Pendidikan , Vol. 1, No. 5.
Krisnawati, A. (2021). Dasar-dasar Ilmu Manajemen. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Majid, A. (2017). Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Aksara Timur.
Nurviana. (2021). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Tingkat Menengah. Of Islamic Education Management , Vol. 3, No. 1.
Pahleviannur, M. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pradina pustaka group.
Pakpahan, A. F. (2017). Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Parera, A. (2020). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanti, D. (2019). Implementasi Kebijakan penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi. Governansi , Vol. 5, No. 1.
Qonita, S. N. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi. Tata Kelola Pendidikan, Vol. 1, No. 1.
Ramadhani, Y. R. (2021). Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Rukiyati, G. I. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Perspektif Pendidikan. Manajemen dan Supervisi Pendidikan ,Vol. 4, No. 1.
Sidik, M. (2018). Model Pengembangan Pembelajaran Menulis Deskriptif. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Sucahyowati, H. (2017). Pengantar Manajemen. Malang: Wilis.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian. Jakarta: Alfabeta.