Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Pembelajaran Siswa

Authors

  • Lolita Sitanggang Universitas Jambi
  • Siti Tiara Maulia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.220

Keywords:

kebijakan, pendidikan, full day school

Abstract

Penetapan pembelajaran full day school merupakan kebijakan baru yang memberlakukan pembelajaran di sekolah seharian penuh. Pendidikan yang sifatnya dinamis tentu selalu melakukan pembaharuan demi mengejar ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan negara maju. Pada penelitian ini akan membahas lebih lanjut mengenai kebijakan penerapan sistem pendidikan full day school. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dan menghasilkan bahwa pengelolaan pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan kebijakan pendidikan karena keduanya saling bersinergi tidak bisa dipisahkan pula.

References

Anggit Grahito Wicaksono (2017). “ fenomena Full Day School dalam sistem pendidikan Indonesia “. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 1 (1)

Belva, Bukman, Artanti. (2020). “ Penerapan Pembinaan Ekstrakulikuler dalam Kegiatan Pembelajaran Full Day School”. Jurnal Manajemen. Volume . 5 nomor. 2

Endah, Marhan, Kuncahyono. (2018). “Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang”. Jurnal pemikiran dan pengembangan SD. Volume. 6 no. 1

Farid, Ismail, Bunga. (2021). “ Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia”. Jurnal pendidikan. Volume. 3 no.3

Imam, Silih, Prima (2020). “Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Fullday School” Jurnal Pendidikan. Voleme. 4 no. 1

Kadek, Madatuang, Suprapta. (2019). “ Kajian sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) di SMAN 11 Makasar.” Jurnal nalar pendidikan. Volume. 7 no. 1

Muhammad Danil. (2018). “ Implementasi Full Day School di Sekolah Dasar Sabbihisma Padang.” Jurnal komunikasi Pendidikan. Volume. 2 no. 1

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Lolita Sitanggang, & Siti Tiara Maulia. (2023). Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Pembelajaran Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(2), 100–107. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.220