Peran Perpustakaan dalam Menumbuhkan Literasi Informasi Bagi Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Mandailing Natal
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2443Keywords:
Library, Information Literacy, SLB Mandailing NatalAbstract
The purpose of this study was to determine the role of the library in fostering information literacy skills for blind children at the Mandailing Natal Special School (SLB). This study used descriptive qualitative method. The information in this study is the coconut of the Mandailing Natal SLB library. Techniques for collecting data in this study used observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the role of the library in fostering information literacy must have a special room that is clean and comfortable, arranges the best possible sitting settings. Conduct programs on a schedule, work closely with teachers in using existing resources in the school library. The library at the school is very important, the books available at this time are sufficient, and can help meet the needs of students. Factors that become obstacles to the management of the Mandailing Natal Special School Library (SLB) in fostering information literacy for blind students are the lack of student motivation, human resources, and infrastructure.
References
Azizah, A. (2020). Peran Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Bagi Siswa Berkebuuhan Khusus (Tunanetra) Di SLB Neg 1 Makassar. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Adiba, S., Shellarasa, R., & Afidhan, S. (2019). Disabilitas Netra Dalam Berliterasi Informasi Information Literacy of Visually Impaired People. 21, 1–6. https://doi.org/10.21082/jpp.v28n1.2019.p1
Astutik, Mayana, Ajeng, Putri. 2015. Fasilitas dan Alat-Alat Belajar Tunanetra
dan Fasilitas atau Alat-Alat Orientasi dan Mobilitas.
www.slideshare.net/putri mayana/putri-mayana-ajeng-astutik:
Malang Jawa Timur.
Aziz, Safrudin. 2014. Perpustakaan Ramah Difabel. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bundy, A. (Ed.). (2017). Australian and New Zealand information literacy framework: principles, standards and practice. 2nd ed. Adelaide: Australian and New Zealand Institute for Information Literacy. Buku ini adalah panduan resmi tentang kerangka kerja literasi informasi di Australia dan Selandia Baru, termasuk strategi untuk mengembangkan literasi informasi pada anak-anak, termasuk anak tunanetra.
Citeureup, D. I. S., Cimahi, K., Mulyanti, D., & Nawawi, A. (2018). Volume 19 Nomor 1, Juni 2018. 19(20), 17–24.
Cahyono, E. (2017). Peningkatan literasi informasi melalui layanan perpustakaan bagi penyandang tunanetra. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(4), 457-468.
Dewi, A. N., & Ernaningsih, D. N. (2019). Kebutuhan Informasi di Bidang Politik Dewan Perwakilan Cabang Persatuan Tunanetra Indonesia Malang pada Pemilu Serentak 2019. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 5(2), 143.
https://doi.org/10.14710/lenpust.v5i2.26669
Dewi, A. O. P., Budaya, F. I., Diponegoro, U., Tembalang, K. U., Luar, S., Negeri, B., & Yogyakarta, P. (n.d.). Analisis aksesibilitas layanan perpustakaan sekolah luar biasa negeri pembina yogyakarta bagi siswa disabilitas.
Dewi, I. A. K., & Mustika, I. W. (2020). Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi informasi pada siswa tunanetra. Jurnal Pustakawan Indonesia, 6(1), 1-12.
Fatonah, Imas. 2015. Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Dalam Menumbuhkan
Kemampuan Literasi Informasi Bagi Anak Tunanetra:Studi Kasus
Perpustakaan Sekolah Luar Biasa-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta.
Jakarta: http://tulis.uinjkt.ac.id/opac/themes.katalog/detail.
Hughes-Hassell, S., & Mancall, J. C. (Eds.). (2015). School library research agenda. American Association of School Librarians. Buku ini membahas berbagai topik tentang perpustakaan sekolah, termasuk strategi untuk meningkatkan literasi informasi pada anak-anak, termasuk anak tunanetra.
Hs, Lasa, dkk, 2013. Manajemen dan Standardisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-„Aisyiyah. Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.
Kusumadewi, N. (2016). Peran perpustakaan dalam pengembangan literasi informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 11-18.
Kurniawati, D. (2020). Pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana meningkatkan literasi informasi pada anak tunanetra. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 129-138.
Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2015). Guided inquiry: Learning in the 21st century. ABC-CLIO. Buku ini membahas tentang konsep guided inquiry dan memberikan strategi untuk mengembangkan literasi informasi pada anak-anak, termasuk anak tunanetra.
Lenhart, A. (2016). Teaching digital natives: partnering for real learning. Rowman & Littlefield. Buku ini membahas tentang bagaimana perpustakaan dapat menjadi mitra dalam meningkatkan literasi digital pada anak-anak, termasuk anak tunanetra.
Muhammad aqielhaikal. (2016). Peran Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Literasi Anak Tunanetra Di SLB. 1–23.
Miftahul Reski Putra Nasjum. (2020). Peran Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) Di SLBN 1 Makassar. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Munawar, Muhdar. 2013. Mengenal dan Memahami Orientasi dan Mobilitas. JakartaTimur: Luxima.
Purnamayanti, A., & Putri, A. T. U. (2020). Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra melalui Media Audiobook. Anuva, 4(1), 109–117. http://ejurnal.undip.ac.id/index.php/anuva
Prastowo, Andi. 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyajarta:
Diva Press.
Rahmawati, I., & Prabowo, T. T. (n.d.). Evaluasi Layanan Difabel Tunanetra di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.
Ramadan, R. (2021). Perpustakaan sebagai Media Peningkatan Minat Baca Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Yukartuni Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/21714/%0Ahttp://repositori.uin-alauddin.ac.id/21714/1/RAMADAN_80100215020.pdf
Ratnasari, D. (2021). Peran perpustakaan dalam mengembangkan literasi informasi pada anak tunanetra di SLB. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-10.
Radcliff, C. J. (Ed.). (2018). Special needs, special solutions: How to meet the challenge of the inclusive classroom. Rowman & Littlefield. Buku ini membahas tentang strategi dan sumber daya untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus, termasuk anak tunanetra, dalam mengembangkan literasi informasi dan literasi digital.
Saputri, I. A. (2016). peran perpustakaan dalam menumbuhkan literasi informasi anak tunanetra di sekolah luar biasa bagian tunanetra (slb-a) panti rehabilitas penyandang cacat netra (prpcn) palembang. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.
file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejorainstitucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Septiyantono, Tri. 2015. Literasi Informasi. Yogyakarta: Universitas Terbuka.
Widiyawati, A. T. (2019). Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.617
Yuliyanto, M. A. D. (2018). Skripsi : Implementasi Layanan Pojok Braille (Lapo Bra) Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Pemustaka Tunanetra (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip …. 1–142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.