Ekonomi Kreatif sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i1.2814Keywords:
Empowerment, Economy, Creative EconomyAbstract
Community empowerment is a conscious and planned effort carried out by the community to make those who cannot or are incapable become capable by utilizing the potential that exists in their environment. After identifying the problem that low community income is caused by people not having sufficient knowledge and skills to help improve the economy or increase their family income through the creative economy, the aim of this article is to explain efforts to empower the community in the economic sector through the creative economy.
References
Ananta, YD (2024). Penanganan Kurangnya Perhatian Orang Tua pada Perilaku Anak Usia Dini . Lencana: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 145-154. PDF
Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF). (2022). Laporan Tahunan Ekonomi Kreatif.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Ekonomi Kreatif di Indonesia .
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Barat. (2023). Rencana Aksi Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Daerah.
Dos Santos, A. (2007). Pengembangan Konsep Ekonomi Kreatif Berdasarkan Aset Kreatif.
Ferlin, M., & Dasa Putri, L. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini . Komunitas Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 99-115. PDF
Gramedia. (2023). Pengertian Ekonomi Kreatif: Ciri-Ciri, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Negara.
Halil, H. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Kemandirian Perekonomian Masyarakat Desa Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ibrahim: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Haryasa, NE, & Dasa Putri, L. (2022). Pelestarian Kebudayaan Lokal dalam Permainan Tradisional melalui Festival Anak Nagari di Pantai Purus Kota Padang . Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(2), 104-108. PDF
Howkins, J. (2008). Ekonomi Kreatif: Bagaimana Orang Menghasilkan Uang dari Ide.
Ismaniar, I., & Dasa Putri, L. (2020). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak . KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93-100.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Daerah .
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2023). Kebijakan Pengembangan Sektor UKM.
Miranti, P., & Dasa Putri, L. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini . Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1). PDF
Rachman, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif . Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 45-60.
Sari, R. (2023). Inovasi dalam Ekonomi Kreatif: Peluang dan Tantangan . Jurnal Pembangunan Daerah, 10(1), 78-90.
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Ekonomi Kreatif Bagi Anggota Koperasi Bumi Mandiri Sejahtera Desa Lembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.