Revitalisasi Pendidikan Karakter KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i1.2910Keywords:
Character Education, Books, ThoughtsAbstract
This research aims to examine the thoughts of K.H. Hasyim Asy'ari in the book Adāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim is related to the revitalization of character education. The background to this research is based on the importance of character education in shaping the morality and integrity of the younger generation, especially in the context of Islamic education. The method used is library research with a qualitative approach, which collects data from the works of K.H. Hasyim Asy'ari and other relevant literature. The research results show that K.H.'s thinking Hasyim Asy'ari in this book contains character education values that can be applied to improve the current education system, such as the importance of simplicity, honesty and moral awareness. This finding has the implication that K.H. Hasyim Asy'ari can be used as a basis for developing a character education curriculum based on Islamic values, in order to form a better generation in the future.
References
Abidin, A. Z., Subandi, S., Romlah, R., & Maulidin, S. (2024). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH BATU PUTUK BANDAR LAMPUNG. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 13(02), 280-294. https://doi.org/10.51226/assalam.v13i02.734
Arfanaldy, S. R., Aziza, I. F., Kur’ani, N., Judijanto, L., Mutiaraningrum, I., Husain, H., ... & Ohorella, N. R. (2024). Menghadapi Tantangan Pengajaran: Solusi Inovatif untuk Permasalahan Klasik di Ruang Kelas. Yayasan Literasi Sains Indonesia.
Astuti, Y. T., Diana, N., Hadiati, E., & Maulidin, S. (2024). Manajemen Humas dalam Membangun Citra Sekolah: Studi Multikasus di SD Muhammadiyyah Pringsewu dan SD IT Cahaya Madani Pringsewu. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 12-26. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i1.246
Aulia, F., Hanifa, W. N., & Arianti, I. C. (2024). Relevansi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Karakter di Era Modern. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 75-90.
Efendi, G. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Dalam Kitab Adāb Al-’Ālim Wa Al-Muta’allim Karya Kh. Muhammad Hasyim Asy’ar (Master's thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).
Fauzi, R., & Rofiq, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‟ Alim Wa al-Muta‟ allim”(Studi Di Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah Batang Hari Provinsi Jambi). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 249-259.
Hadi, S. (2019). Konsep Etika Peserta Didik Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Dalam Karyanya Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’Allim.
HAMDI, N. R. H. Budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab adāb al-‘ālim wa al-muta’allim di Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang.
Hasanah, U., & Mahfud, M. (2021). Konsep etika pelajar menurut kh. m. hasyim asy’ari dalam kitab adab alalim wa al-mutaallim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 1(1), 43-50.
HIDAYATI, A. U., MAULIDIN, S., & KHOLIFAH, S. (2024). IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI: STUDI DI SMK PELITA BANGUN REJO. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 4(2), 53-62.
JANAH, S. W., NIKMAH, S. S., BARIYAH, Z., MAULIDIN, S., NAWAWI, M. L., & JAZULI, S. (2024). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KESADARAN IBADAH SHOLAT PADA ANAK USIA DINI: STUDI KASUS DI KAMPUNG SRIKATON KECAMATAN ANAK TUHA. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 56-68. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i2.4188
JANAH, S. W., & MAULIDIN, S. . (2025). STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI: STUDI DI PAUD LASKAR PELANGI SRIKATON. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 69-79. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i2.4201
JANAH, A. M., HIDAYATI, A. U., & MAULIDIN, S. (2024). PENGARUH PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SMK WALISONGO SEMARANG. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 42-50. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4133
Kurniawan, W., Maulidin, S., & Rohman, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Manajemen. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 8(1), 36–53. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v8i1.1924
Majid, A. (2016). Pendidikan Karakter Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa-al Muta’allim (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan).
Malikhah, E., & Muchlis, I. (2024). Students' Ethics Towards Teachers: Analysis of The Book Adāb Al-‘Ālim wa Al-Muta’allim By KH. Hasyim Asy’ari. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 1646-1653.
Maulidin, S., & Nawawi, M. L. (2024). A Kearifan Lokal dalam Tradisi Keislaman: Memahami Kontribusi Budaya Islam di Indonesia. ISEDU: Islamic Education Journal, 2(2), 41-50.
Maulidin, S., Munip, A., & Nawawi, M. L. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Al Irsyad Kota Tegal. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 157-167. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.299
Maulidin, S., & Siregar, D. J. D. S. (2024). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 2(2), 136-155. https://doi.org/10.62448/bujie.v2i2.117
Maulidin, S., Rohman, M., Nawawi, M. L., & Andrianto, D. (2024). Quality Management in Improving Competitiveness in the Digital Era at Madrasa. Journal of Advanced Islamic Educational Management, 4(1), 57-70. http://dx.doi.org/10.24042/jaiem.v4i1.22594
Maulidin, S., & Supriadi, Eti Hadiati, N. (2024). PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 84–99. https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i1.604
Maulidin, S., & Jamil, M. A. (2024). PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF (Studi Kasus SMA Bustanul Ulum Jayasakti Anak tuha Lampung Tengah). Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128-140. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.79
Maulidin, S. (2024). Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren:(Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Bandar Lampung). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 126-138. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.128
Maulidin, S. (2024). Pendidikan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Dakwah dan Pendidikan pada Pelajar. Journal Khafi: Journal Of Islamic Studies, 3(1), 27-39.
MAULIDIN, S. . (2025). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBUDAYAKAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH: STUDI DI RA BUSTANUL ULUM JAYASAKTI. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80-90. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i2.4202
MAULIDIN, S., PRAMANA, A., & MUNIR, M. (2024). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS: STUDI DI SMK AL HIKMAH KALIREJO. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 86-95. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4187
MU’AMALAH, H. U. S. N. U. L., MAULIDIN, S., & APRIAWAN, A. (2024). PERAN GURU PAI DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA STUDI DI SMA N 1 ANAK TUHA. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 67-77. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.4189
MUKHAFIDOH, N. ., MU’AMALAH, H. ., & MAULIDIN, S. . (2025). IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DAN TAKRIR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS: STUDI DI MTS TRI BAKTI AL IKHLAS ANAK TUHA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 4(4), 161-168. https://doi.org/10.51878/academia.v4i4.4134
NAWAWI, M. L., MAULIDIN, S., & NURKHOLIK, A. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI ORGANISASI ROHANI ISLAM: STUDI DI SMK AL IHSAN SUKANEGARA. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 51-61.
NAWAWI, M. L. ., FATONI, A., JAZULI, S. ., & MAULIDIN, S. . (2024). PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA MENURUT SYAIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI DALAM KITAB IZHATUN NASYI’IN. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 78-90. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.4198
NOVIAR, Y. ., MAULIDIN, S. ., & ARKANUDIN, A. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK YATIM: STUDI DI YAYASAN AL-NIKMAH BARIKAH JANAH JAKARTA SELATAN . TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 91-102. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.4199
PRAYITNO, P., MAULIDIN, S., & AL-FAIZI, M. (2024). PEMBINAAN AHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA STUDI DI SMK MAARIF 1 SENDANG AGUNG. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 75-85. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4186
Rohmaniah, Z. (2019). Etika guru dalam kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim dan relevansinya dengan kompetensi guru. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Safrawi, S. (2024). Konsep Akhlak Menurut KH. Hasyim Asy'ari dan Relevansinya dalam Pendidikan Kontemporer (Sebuah Kajian Kitab Adāb al-'Ālim wa al-Muta'allim) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).
Saputra, Z. I. (2023). PERBANDINGAN PEMIKIRAN IMAM AZ-ZARNUJI DAN KH. HASYIM ASY’ARI TENTANG ETIKA PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Saipullah, S. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 53-77.
Sholikah, S. (2012). Pendidikan karakter menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Sistiadi, J., & Fauzi, M. M. (2023). RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Journal Islamic Studies, 4(2), 60-80.
SYARIF, M. (2024). PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Syarif Maulidin, M. Isla Maulana, & Ulin Nuha. (2025). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB SYAJAROTUL MA’ARIF WAL AHWAL KARYA SYEKH AL IZZ BIN ABDUSSALAM. Crossroad Research Journal, 2(1), 36–51. https://doi.org/10.61402/crj.v2i1.239
Syarif Maulidin, & Siti Wardatul Janah. (2025). Pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadis (studi di MTs Miftahul ‘Ulum Kotabaru). Crossroad Research Journal, 2(1), 22–35. https://doi.org/10.61402/crj.v2i1.236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.